Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kapten Philip Mehrtens Diterbangkan ke Jakarta

HOLOPIS.COM Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III Letnan Jenderal TNI Bambang Trisnohadi menyampaikan bahwa pihaknya tengah menerbangkan pilot maskapai penerbangan Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens yang telah berhasil diselamatkan dari tangan KKB Papua.

Philip diterbangkan dari Bandara Moses Kilangin Mimika Papua menuju Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur pada Sabtu sore tadi.

“Kami segera menerbangkan pilot Philip ke Jakarta setelah selesai melakukan konferensi pers di Posko Operasi Damai Cartenz 2024 di Mako Brimob Batalyon B/ Timika,” kata Letjen TNI Bambang Trisnohadi dalam keterangannya di Jayapura, Sabtu (21/9) seperti dikutip Holopis.com.

Kemudian, pihaknya pun menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap seluruh personel TNI dan Polri yang telah gugur dalam segala upaya pembebasan pilot Philip di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan selama ini.

Sebab, mereka merupakan bagian dari entitas yang tidak bisa dipisahkan dalam kesuksesan besar misi penyelamatan yang sudah menjadi perintah negara dan atensi dari Presiden Republik Indonesia itu.

“Kami juga memberikan apresiasi kepada semua pihak baik pemerintah Indonesia, kementerian terkait maupun TNI-Polri yang terus berupaya membebaskan pilot Philip yang ditahan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Egianus Kogoya selama 1,5 tahun,” ujarnya.

Dia menjelaskan pada Sabtu (21/9) pukul 11.36 WIT tiba di Lanud Yohanis Kapiyau, Timika di dari Kampung Yuguru dan selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap kondisi Kapten Philip Mark.

“Kesehatan dari pilot Philip cukup baik hanya saja berat badannya menurun dan secara psikologi cukup baik sehingga layak untuk diterbangkan ke Jakarta,” katanya lagi.

Sementara itu, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 Kombes Pol Bayu Suseno mengatakan pilot Philip diterbangkan ke Jakarta pukul 15.30 WIT.

“Sebelum ke Jakarta pesawat akan melakukan transit di Bandar Udara Sultan Hasanuddin, Makassar,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ngasiman Djoyonegoro Apresiasi Negara Sukses Bebaskan Pilot Susi Air

Analis intelijen, pertahanan, dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro memberikan apresiasi kepada Menhan Prabowo Subianto, TNI, dan Polri yang telah berhasil membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens.

Kejagung Sukses Lelang Barang Rampasan Hingga Rp 13 Miliar

Badan Pemulihan Aset Kejaksaan Agung berhasil melakukan proses lelang barang rampasan Skandal Pelabuhan atas nama terpidana Leslie Girianza Hermawan yang juga Direktur PT. Eldin Citra.

Menhan Prabowo Pantau Langsung Proses Pembebasan Pilot Susi Air

Proses pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens mendapatkan pengawasan penuh dari pemerintah, khususnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru