HOLOPIS.COM, JAKARTA – Belum genap satu bulan pasca perilisan iPhone 16 series, para fanboy Apple sudah dihebohkan dengan rumor terkait desain maupun spesifikasi iPhone 17 series yang akan menjadi penerus iPhone 16 di tahun depan.

Dikutip Holopis.com dari GSM Arena, Sabtu (21/9), iPhone 17 series bakal tersedia dalam empat model, yakni iPhone 17 basic model, iPhone 17 Slim yang akan menggantikan model Plus, iPhone 17 Pro, dan iPhone 17 Pro Max.

Kabarnya, Apple akan membawa sejumlah peningkatan pada ponsel pintar mereka di generasi berikutnya, khususnya pada sektor layar yang mendukung refresh rate hingga 120 Hz di semua model, termasuk pada model basic.

Selain itu, panel layar yang digunakan pada semua model iPhone 17 series juga bakal menggunakan panel LTPO OLED, yang berarti refresh rate dapat diubah hingga sangat rendah, bahkan mungkin 1 Hz yang memungkinkan penggunaan baterai menjadi lebih hemat.

Fitur Ini sebenarnya sudah lama ditunggu oleh para pengguna iPhone, karena Apple sejauh ini masih, mempertahankan refresh rate tinggi, yang bahkan dengan keluarga iPhone 16 yang baru-baru ini dirilis untuk model Pro series.

Kabar terbaru juga mengungkapkan, bahwa iPhone 17 Pro dan iPhone 17 Pro Max tampaknya akan mendapatkan Face ID di bawah layar. Rumor ini sudah lama beredar, dan sekarang tampaknya tinggal setahun lagi fitur Face ID di bawah layar ini akan benar-benar hadir di pasaran.

Jika rumor ini benar, berarti Dynamic Island mungkin akan hilang, atau setidaknya berubah, karena potongan di layar akan jauh lebih kecil karena hanya menampung kamera selfie. Dengan demikian, iPhone 17 Pro dan Pro Max akan terlihat lebih seperti perangkat Android unggulan saat ini.