Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Profil Perry Warjiyo, Bos BI yang Kembali Jabat Ketum ISEI

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Perry Warjiyo akan kembali memimpin Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) sebagai Ketua Umum (Ketum) untuk lima tahun ke depan, setelah terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII di Surakarta, Jawa Tengah, yang berlangsung pada 19-20 September 2024.

“Dalam Kongres ini, secara aklamasi musyawarah memberikan amanah kepada saya untuk menjadi Ketua Umum periode 2024-2027,” ujar Perry dalam konferensi pers, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (20/9).

Lantas siapa sosok Perry Warjiyo?

Profil Perry Warjiyo

Sebagai Ketum ISEI, Perry mendapat gelar sarjana ekonomi setelah menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Kemudian ia melanjutkan pendidikan di Iowa State University hingga meraih gelar Master pada tahun 1989 dan meraih gelar Ph.D di tahun 1991.

Dari sisi karir, perjalanan pria yang lahir di Sukoharjo 25 Februari 1959 cukup panjang dan cemerlang di Bank Indonesia. Sebelum menjabat Gubernur Bank Indonesia, Perry dimulai karirnya dari staf di Desk penyelamatan kredit, urusan pemeriksaan dan pengawasan kredit hingga tahun 1992.

Hingga akhirnya pada tahun 1995, dia diangkat menjadi Staf Gubernur Bank Indonesia. Selang tiga tahun, yakni pada tahun 1998, Perry Warjiyo diangkat sebagai kepala Biro Gubernur, hingga akhirnya tahun 2003 dia menempati posisi sebagai Direktur Pusat Pendidikan dan Studi Kebangsentralan.

Kemudian di tahun 2005, Ia diangkat menjadi Direktur Departemen Kebijakan Makroprudensial Bank Indonesia. Posisinya pun berakhir pada tahun 2007, dimana saat itu, ia sebagai Direktur Eksekutif di International Monetary Fund (IMF) hingga tahun 2009.

Setelah dua tahun menjadi Direktur Eksekutif di IMF, mewakili 13 negara anggota yang tergabung dalam South-East Asia Voting Group, ia kembali ke Bank Indonesia sebagai Asisten Gubernur untuk kebijakan moneter, makroprudensial dan internasional, serta Direktur Eksekutif Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia. 

Sekian panjang mengabdi di Bank Indonesia, Perry Warjiyo akhirnya dipercaya menjadi Deputi Gubernur BI untuk periode 2013-2018. Perry Warjiyo pun diberi amanah yang lebih tinggi untuk menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia periode 2018-2023, dan kemudian ditetapkan kembali menjadi Gubernur Bank Indonesia untuk periode 2023-2028.

Perry Warjiyo resmi ditetapkan menjadi Gubernur Bank Indonesia untuk kedua kalinya berdasarkan Keputusan Presiden RI No.38/P Tahun 2023 tanggal 5 Mei 2023, dan mengucapkan sumpah jabatan pada tanggal 24 Mei 2023.

Bank Indonesia di Tangan Perry Warjiyo

Di bawah kepemimpinan Perry Warjiyo sebagai Gubernur, Bank Indonesia memperoleh sejumlah penghargaan, antara lain :

  • The Best Central Bank of the Year dari Global Islamic Finance Awards (GIFA) tahun 2022 dan 2018
  • Best Asset Owner in Southeast Asia dalam Institutional Excellence Award dari Asian Investor tahun 2022,
  • Contact Center World 2021 dan 2022, dengan penghargaan tertinggi Certified World Class
  • Global Top Ranking Performers dari Central Banking Publications tahun 2021
  • The Best Macroeconomic Regulator in Asia Pacific dari The Asian Bankers tahun 2020
  • Gold Winner – Stevie Asia Pacific Award for Innovation in Technology Development, kategori Government, dari Asia Pacific Stevie Awards tahun 2020
  • The Best Systemic and Prudential Regulator in Asia Pacific Award dari The Asian Banker tahun 2021.

Hasil Karya Perry Warjiyo

Kecintaannya pada ilmu pengetahuan membuat Perry Warjiyo gemar menulis dan pernah menerbitkan sejumlah buku, jurnal, dan makalah di bidang ekonomi, moneter, dan isu-isu internasional. 

Beberapa buku hasil karyanya yang fenomenal diantaranya yakni :

  • Central Bank Policy Mix: Issues, Challenges, and Policy Responses (2020)
  • Kebijakan Bank Sentral: Teori dan Praktik (2016)
  • Kebijakan Moneter di Indonesia (2003).
Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Profil IShowSpeed, Streamer Populer yang Kunjungi Indonesia

Netizen Indonesia saat ini sedang dihebohkan dengan kehadiran streamer populer IShowSpeed yang sedang menyapa para penggemarnya di Jakarta Indonesia.

Profil : Lily Collins, Si ‘Emily In Paris’ yang Berada di Puncak Karir

Artis Hollywood Lily Collins atau Lily Jane Collins saat ini semakin naik daun berkat perannya di serial populer Netflix, Emily In Paris.

Profil Anindya Bakrie, Ketua Umum Kadin Indonesia Baru

Anindya Bakrie telah resmi ditetapkan sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, menggantikan Arsjad Rasjid.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru