Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) secara langsung meresmikan Jalan Tol Yogyakarta Solo segmen Kartasura – Klaten pada hari ini, Kamis (19/9).

Kedatangan Jokowi juga sekaligus untuk menghadiri pembukaan Kongres Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) XXII.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja kali ini, yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana serta Plh. Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Heri Purwanto.

Jokowi dalam sambutannya, mengatakan pengerjaan tol sepanjang 22,3 km tersebut telah rampung dikerjakan dan siap beroperasi melayani masyarakat.

Adapun pembangunan Jalan Tol Yogyakarta Solo segmen Kartasura – Klaten yang telah dilakukan sejak tahun 2021 lalu tersebut menelan biaya hingga Rp5,6 triliun. 

Dengan peresmian ini disampaikan Jokowi, diharapkan Jalan Tol Yogyakarta Solo segmen Kartasura – Klaten bisa mengurangi waktu tempuh perjalanan. Pasalnya kata dia, saat ini kondisi sebelum tol tersebut di bangun masyarakat bisa menempuh waktu perjalanan selama 3 bahkan 6 jam di perjalanan.

“Meningkatkan konektifitas dan stabilitas dari Solo, Jawa Tengah ke Provinsi Yogyakarta. Karena kalau kita liat sebelumnya waktu saya kuliah itu dari Solo naik sepeda 50 menit sudah sampai Yogyakarta,” tutur Jokowi di lokasi seperti dikutip Holopis.com.

Dengan dioperasikannya tol ini lanjut Jokowi, diharapkan waktu tempuh dari lokasi yang sama maupun sebaliknya bisa ditempuh dengan waktu 30 hingga maksimal 50 menit saja. Selain itu, ia juga berharap bisa menumbuhkan perekonomian di sekitar lokasi bagi masyarakat lokal.

“Sehingga mengurangi jalan nasional yang udah ada. Selanjutnya menjadi pertumbuhan ekonomi daerah dan pemicu pusat ekonomi baru di sekitar jalan tol,” tutupnya.

Sementara itu, PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) memastikan infrastruktur tol Jogja-Solo aman digunakan oleh pengguna jalan. Sertifikat Laik Fungsi dan Sertifikat Laik Operasi yang dikantongi Tol Jogja-Solo segmen Kartasura-Klaten menjadikan jalan bebas hambatan sepanjang 22,3 kilometer itu tak hanya sudah bisa digunakan tetapi juga aman dilewati para pengendara.

Rangkaian uji laik fungsi yang dilaksanakan sejak 11-13 September 2024. Hasilnya Tol Jogja-Solo segmen Kartasura-Klaten resmi mengantongi Sertifikat Laik Fungsi dan Sertifikat Laik Operasi yang menjadi bukti jika jalan tol telah memenuhi standar keselamatan, teknis dan operasional.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...

Menhub Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Transportasi Inklusif Terintegrasi DTKJ Awards 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru