Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Bali International Air Show 2024 Sukses Pamerkan Kemajuan Penerbangan dan Kedirgantaraan RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pameran Kedirgantaraan Bali International Airshow (BIAS) 2024 resmi dibuka Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Rabu (18/9). Kegiatan dilakukan dilakukan kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. 

Menko Luhut menyampaikan, penyelenggaraan BIAS 2024 merupakan titik balik strategis bagi masa depan kedirgantaraan Indonesia. Menurutnya, produk-produk yang dipamerkan adalah produk-produk berkualitas tinggi yang menunjukkan perkembangan industri penerbangan Indonesia.

“BIAS 2024 lebih dari sekadar pameran, ini adalah titik balik strategis bagi masa depan kedirgantaraan Indonesia. Kami sangat bangga menyaksikan kemajuan pesat dalam industri penerbangan dan kedirgantaraan Indonesia,” ujar Menko Luhut di lokasi. 

Luhut menambahakan, pada kegiatan ini banyak produk-produk berkualitas tinggi yang dipamerkan seperti pesawat N-219 buatan PT Dirgantara Indonesia hingga pesawat nirawak canggih dari PT LEN, menonjolkan daya saing Indonesia yang semakin meningkat di panggung global.  Ini merupakan salah satu bukti komitmen Indonesia dalam menyelenggarakan acara kedirgantaraan internasional secara berkala di seluruh Indonesia.  

“Hal ini menegaskan bahwa komitmen kita tidak hanya terhadap industri penerbangan tetapi juga pengembangan kawasan pariwisata di seluruh Indonesia. Akhirnya, marilah kita bersama-sama menjadikan BIAS 2024 sebagai simbol kolaborasi strategis yang akan membawa bangsa kita terbang tinggi di masa depan,” kata dia. 

Adapun Menhub menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan BIAS 2024. Menurut Menhub, penyelenggaraan pameran kedirgantaraan internasional ini penting dilakukan. Bukan hanya untuk mempertunjukan pesawat dan industri aviasi, tapi juga diskusi tentang keberlanjutan atau lingkungan, sejalan dengan inisiatif International Civil Aviation Organization (ICAO) untuk membuat bahan bakar yang lebih ramah lingkungan. 

“Inisiatif itu kita dorong. Kemenkomarves sudah beberapa kali rapat untuk membuat target-target diberlakukannya bahan bakar atau avtur ramah lingkungan. Tentu untuk melakukan ini tidak bisa serta-merta, makanya kita lakukan upaya-upaya untuk melakukan kegiatan itu, salah satunya mengundang negara-negara sahabat,” ujar Menhub. 

Lebih lanjut, dilakukan juga peluncuran Peta Jalan Sustainable Aviation Fuel (SAF) yang dikembangkan secara kolaboratif oleh pemangku kepentingan terkait. Peta Jalan Ini merupakan bagian dari komitmen Indonesia, yang berfungsi sebagai kerangka panduan untuk mencapai nol emisi pada 2050

BIAS 2024 rencananya akan berlangsung pada 18-21 September 2024 yang mana memamerkan kemajuan penerbangan dan kedirgantaraan Indonesia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Prabowo Subianto Ingatkan Komitmen Komcad Bela Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberikan pesan penting kepada 1.145 personel yang baru ditetapkan sebagai Komcad Matra Darat TA. 2024.

Jenderal Maruli Komitmen Tingkatkan Perlindungan Terhadap Wanita dan Anak

KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal Maruli Simanjuntak menyambut positif arahan Presiden Jokowi terkait TNI Polri terdepan dalam memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak.

Satgas Pamtas Gagalkan Penyelundupan Sabu di Nunukan

TNI melalui Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 11 Kostrad mengamankan pelaku penyelundupan narkotika jenis sabu di Pelabuhan Tunon Taka, Kabupaten Nunukan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru