Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024
NewsEkobizBI Diramal Bakal Turunkan Suku Bunga ke Level 6 Persen

BI Diramal Bakal Turunkan Suku Bunga ke Level 6 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia diproyeksi bakal menurunkan tingkat suku bunga acuan atau BI-Rate pada rapat dewan gubernur (RDG) 17—18 September 2024.

Ekonom Bahana Sekuritas Putera Satria Sambijantoro memproyeksi suku bunga bank sentral Indonesia akan diturunkan menjadi 6 persen.

Ia menyebut, penurunan ini akan diikuti oleh pelonggaran kebijakan kumulatif sebesar 50 basis poin (bps) pada kuartal IV/2024, sehingga suku bunga BI diperkirakan mencapai 5,5 persen pada akhir tahun.

“Kami pikir BI memiliki ruang untuk melonggarkan kebijakan karena harga minyak yang lebih rendah, deflasi domestik, data global yang lemah terutama dari China, dan potensi kejutan dovish dari The Fed,” jelas Satria dalam keterangan resminya, seperti dikutip Holopis.com, Senin (16/9).

Dia juga mengatakan, bahwa deflasi yang terjadi selama empat bulan berturut-turut itu dapat menjadi alasan bagi BI untuk memangkas suku bunga acuannya.

Hal itu pun sejalan dengan konsistensi Gubernur BI, Perry Warjiyo dinilai konsisten dengan kerangka penargetan inflasi (ITF), dimana inflasi yang rendah akan menguatkan mata uang, dan memberi ruang untuk penurunan suku bunga.

“Berkat anjloknya harga pangan yang bergejolak, Indonesia telah mencatat deflasi month-to-month selama empat bulan berturut-turut sejak Mei, yang masih dapat berlanjut dalam beberapa bulan mendatang jika harga bahan bakar disesuaikan lebih rendah,” jelasnya.

Kemudian, Perry juga dinilai sebagai sosok yang pragmatis dengan kecenderungan bertindak lebih cepat. Meskipun Perry telah mengindikasikan potensi penurunan suku bunga pada Oktober atau setelah keputusan The Fed, langkah-langkahnya biasanya didasarkan pada data dan bertindak tegas untuk mengejutkan pasar.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.

BI Catat Penyaluran Kredit Tumbuh 11,40 Persen

Bank Indonesia (BI) melaporkan penyaluran kredit oleh perbankan per Agustus 2024 mengalami pertumbuhan sebesar 11,40 persen secara tahunan (yoy).

BI Ramal The Fed Bakal Pangkas Suku Bunga 3 Kali Tahun Ini

Bank Indonesia (BI) memproyeksi bank sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve (The Fed) bakal menurunkan suku bunga acuannya atau Fed Fund Rate (FFR) sebanyak 3 kali di sisa tahun 2024 ini.

Jreng! BI Turunkan Suku Bunga Jadi 6 Persen

Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuannya atau BI-Rate untuk bulan September 2024 sebesar 25 basis poin, menjadi 6 persen.