Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024
NewsEkobizJelang Long Weekend Maulid Nabi, Lonjakan Penumpang KA Mulai Terlihat

Jelang Long Weekend Maulid Nabi, Lonjakan Penumpang KA Mulai Terlihat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia atau KAI (persero) mencatat hingga hari ini, Jumat (13/9) lonjakan penumpang Kereta Api (KA) untuk periode libur panjang atau long weekend Maulid Nabi Muhammad SAW yang berlangsung dari tanggal 14 hingga 16 September 2024 sudah mulai terlihat.

Vice President Public Relations PT KAI, Anne Purba menyampaikan, peningkatan jumlah penumpang KAI Ini terlihat dari jumlah penjualan tiket yang mencapai 148.031 tiket dengan okupansi 101,16 persen dari jumlah tempat duduk yang tersedia yaitu 146.334.

“Secara keseluruhan dari periode tanggal 13 sampai dengan 16 September 2024, jumlah tiket yang sudah terjual mencapai 501.084 tiket atau 84,35 persen dari total 594.029 tempat duduk yang tersedia untuk periode tersebut,” ujar Anne di Jakarta, seperti dikutip Holopis.com.

Anne menambahkan, bahwa puncak arus keberangkatan terjadi pada hari ini, Jumat (13/9) dengan penjualan tiket mencapai 148.031 tiket dengan okupansi 101,16 persen dari jumlah tempat duduk yang tersedia. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 16 September 2024 dengan penjualan tiket sudah mencapai 127.036 tiket atau 84,87 persen dari 149.682 tempat duduk yang tersedia.

Rata-rata okupansi harian saat ini kata Anne, telah mencapai 84,35 persen. Angka ini kemungkinan akan terus meningkat seiring dengan berlanjutnya penjualan tiket. Untuk KA favorit pilihan ada KA Airlangga dengan rute Stasiun Surabaya Pasarturi-Stasiun Pasar Senen yang penjualan tempat duduknya telah mencapai 8.427 dengan okupansi 248,44 persen dari total 3.392 tempat duduk yang tersedia.

“Begitu juga untuk rute sebaliknya, penjualan tiketnya sudah mencapai 7.314 dengan okupansi 215,63 persen dari total 3.392 tempat duduk. Okupansi penumpang kereta api yang melebihi angka 100 persen.  adanya penumpang mengingat adanya penumpang dinamis yang turun-naik di antara stasiun awal dengan stasiun tujuan akhir,” terangnya.

Adapun selama masa libur Maulid Nabi lanjut Anne, KAI mengoperasikan 113 KA berbagai kelas dengan penjualan tertinggi diantaranya KA Airlangga rute Pasar Senen s.d Surabaya Pasarturi (pp), KA Sritanjung rute Lempuyangan – Ketapang (pp), KA Kahuripan rute Blitar-Kiaracondong (pp), KA Bengawan rute Pasar Senen s.d Purwosari (PP).

“KA lainnya yang menjadi favorit yaitu KA Probowangi, KA Kertajaya, KA Ambarawa Ekspres, KA Joglosemarkerto, KA Pasundan, dan KA Matarmaja,” tambah Anne.

Rute perjalanan favorit masyarakat selama libur panjang ini mencakup Jakarta – Surabaya/ PP, Ketapang – Lempuyangan/ PP, Blitar – Kiaracondong/ PP, Purwosari – Pasar Senen PP, Malang – Pasar Senen/ PP, dan rute lainnya.  

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Diramal Menguat Terbatas, Meski Banjir Sentimen Negatif

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bakal menguat terbatas pada perdagangan hari ini, Rabu (18/9) meski sentimen domestik terbaru relatif positif.

Harga Emas di Pegadaian Hari Ini Naik, Tapi…

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan hari ini, Rabu 18 September 2024.

Tingkatkan Ekspor, Kemendag Kembali Akan Gelar TEI

HOLOPIS.COM, TANGERANG - Kementerian Perdagangan RI akan kembali menggelar Trade...

Luhut Targetkan Regulasi Family Office Rampung Sebelum Jokowi Lengser

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan regulasi pembentukan family office di Indonesia rampung sebelum masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berakhir.