Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024

Parade Pencak Silat Karawang: Regenerasi Budaya di Tengah Arus Teknologi

HOLOPIS.COM, KARAWANG – Parade pencak silat bertajuk “Tanah Pangkal Perjuangan” sukses digelar di Sekretariat Keluarga Pencak Silat Nusantara (KPSN), Dusun Rengas, Desa Karyabakti, Kecamatan Batujaya, Karawang, Jawa Barat pada hari Kamis (12/9).

Acara ini diikuti oleh ratusan anak yang tergabung dalam berbagai perguruan silat di wilayah Karawang. Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Karawang, H. Acep Jamhuri, turut hadir dalam kesempatan tersebut.

Acep Jamhuri menyampaikan apresiasinya terhadap parade ini. Menurutnya, di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih, melihat anak-anak yang masih mencintai tradisi leluhur merupakan hal yang sangat membanggakan.

“Menanamkan kecintaan pada kearifan lokal sejak dini sangat penting. Walaupun teknologi semakin maju, anak-anak harus tetap dipupuk rasa cintanya terhadap budaya asli mereka,” ujar Acep seperti dikutip Holopis.com.

Sebagai Ketua IPSI Karawang, Acep juga menekankan pentingnya regenerasi dalam menjaga kelestarian pencak silat di daerah tersebut. Sebab, pelestarian budaya seperti pencak silat memang harus dilakukan oleh masyarakatnya sendiri, bukan warga negara lain.

“Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan budaya pencak silat di Karawang? Regenerasi perlu dilakukan, dan anak-anak ini adalah penerus kita di masa depan,” pungkasnya. 

Diharapkan, acara ini menjadi simbol semangat generasi muda dalam melestarikan warisan budaya, khususnya pencak silat, sebagai salah satu identitas bangsa Indoensia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Anugerah Pajak Daerah: Bupati Karawang Apresiasi Kontribusi Wajib Pajak

HOLOPIS.COM, KARAWANG - Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, menyampaikan terima...

72 Panitia PPS Kutawaluya Akan Demo Kantor KPU Karawang Gegara Gaji

HOLOPIS.COM, KARAWANG - Sebanyak 72 Panitia PPS (Pemungutan Suara)...

Semburan Lumpur Pekat di Sungai Citarum, Dinas LH Karawang Bilang Begini

HOLOPIS.COM, KARAWANG - Karawang digemparkan oleh munculnya semburan air...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru