Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024

TPPU Eks Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba, KPK Sita Rumah Rp 3,5 Miliar di Jakarta

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita satu bidang tanah dan bangunan di wilayah Jakarta. Aset berupa rumah yang ditaksir Rp 3,5 miliar itu disita terkait proses penyidikan kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menjerat tersangka mantan Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba (AGK).

“Pada hari ini Rabu (11/09/2024) KPK telah melakukan penyitaan 1 bidang tanah dan bangunan (Rumah) di wilayah Jakarta dengan taksiran senilai Rp 3,5 miliar. Penyitaan dilakukan terkait penanganan perkara TPPU Tsk AGK,” ujar Juru bicara KPK, Tessa Mahardika dalam keterangan kepada wartawan, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (11/9).

KPK sebelumnya menetapkan eks Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba sebagai tersangka pencucian uang. Pencucian uang itu dilakukan Abdul Gani dengan menyamarkan aset yang diperolehnya dari tindak pidana korupsi. 

Sebelum dijerat TPPU, KPK lebih dahulu menetapkan Abdul Gani Kasuba sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait proyek dan perizinan. Selain Abdul Gani Kasuba, KPK juga menjerat enam orang lainnya sebagai tersangka terkait kasus tersebut.

Keeenam tersangka lainnya itu yakni, Kadis Perumahan dan Pemukiman Maluku Utara Adnan Hasanudin, Kadis PUPR Daud Ismail, dan Kepala BPPBJ Ridwan Arsan. Kemudian, Ramadhan Ibrahim yang merupakan ajudan Abdul Gani Kasuba, serta dua orang swasta bernama Stevi Thomas dan Kristian Wuisan. 

Tim penyidik KPK telah merampungkan proses penyidikan kasus dugaan suap terkait proyek dan perizinan yang menjerat Abdul Gani Kasuba. Abdul Gani Kasuba telah diadili di Pengadilan Tipikor Ternate atas perkara tersebut. Dalam surat dakwaan jaksa KPK, Abdul Gani disebut menerima suap sebesar Rp 5 miliar dan US$ 60.000, serta penerimaan gratifikasi senilai Rp99,8 miliar dan US$30.000. 

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pansel Tetapkan 12 Calon Anggota Kompolnas

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota Kompolnas...

PDIP Ngebet Pertemuan Prabowo-Megawati Segera Berlangsung

PDIP mengaku tidak sabar wacana pertemuan Prabowo Subianto dengan Megawati Soekarnoputri bisa segera terealisasi dalam waktu dekat.

Datangi KPK soal Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi, Kaesang : Saya Bukan Penyelenggara Negara!

Ketua umum PSI (Partai Solidaritas Indonesia) Kaesang Pangarep pamer dirinya berani untuk mendatangi KPK.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru