Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024
NewsEkobizPemerintah Siap Kaji Dampak Kenaikan Tarif PPN Tahun Dapan

Pemerintah Siap Kaji Dampak Kenaikan Tarif PPN Tahun Dapan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah berencana untuk menaikkan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari yang sebelumnya 11 persen, menjadi 12 persen pada tahun 2025 mendatang.

Atas rencana itu fraksi-fraksi di DPR pun memberikan pandangannya atas rencana yang merupakan penerapan UU 7/2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP). tersebut.

Menjawab hal itu, pemerintah mengaku siap mengkaji konsekuensi kenaikan tarif PPN tersebut, termasuk dampaknya terhadap perekonomian nasional.

“Pemerintah akan terus mengkaji dan akan sangat berhati-hati dalam melakukan implementasinya,” ungkap pemerintah dalam jawabannya, seperti dikutip Holopis.com dikutip, Selasa (10/9).

“Seluruh rancangan kebijakan akan mempertimbangkan berbagai aspek, terutama aspek ekonomi sehingga penerapannya akan tepat, efektif, dan terukur,” sambungnya.

Pemerintah pun berdalih, bahwa UU HPP tidak hanya mengatur tentang kenaikan tarif PPN, melainkan juga memberikan insentif permanen bagi UMKM berupa fasilitas omzet tidak kena pajak hingga Rp500 juta.

Barang dan jasa tertentu seperti kebutuhan pokok, jasa pendidikan, dan jasa kesehatan juga tetap dibebaskan dari pengenaan PPN.

Adapun nantinya, berbagai insentif pajak di atas juga disinergikan dengan pengendalian inflasi dan penguatan program perlindungan sosial, termasuk diantaranya program bantuan sosial alias bansos.

“Dengan demikian, setiap kebijakan yang akan diambil pemerintah termasuk kebijakan pajak dapat diminimalisir dampaknya serta tetap dapat mampu menjadi basis optimalisasi perpajakan jangka menengah panjang,” tulis pemerintah.

Untuk diketahui, setidaknya terdapat 2 fraksi di DPR yang meminta penmerintah untuk mengkaji ulang kenaikan tarif PPN pada tahun depan. Fraksi dimaksud antara lain Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Kami meminta pemerintah untuk mempertimbangkan kembali penerapan PPN 12% pada 2025,” kata Anggota DPR dari Fraksi PKB Ratna Juwita Sari saat membacakan pandangan fraksinya pada bulan lalu.

Menurut Ratna, pemerintah perlu menghitung ulang dampak kenaikan tarif PPN terhadap inflasi, biaya hidup, dan pengaruhnya terhadap usaha kecil dan menengah.

Adapun Fraksi PKS berpandangan, kenaikan tarif PPN menjadi 12 persen pada tahun depan berpotensi semakin menekan daya beli masyarakat yang pada akhir ini menjadi masalah, utamanya pada masyarakat kelas menengah.

“Kenaikan tarif PPN kontraproduktif dengan daya beli masyarakat yang seperti kenaikan harga BBM, bahan pokok, dan tingginya suku bunga kredit,” kata Anggota DPR dari Fraksi PKS, Netty Prasetiyani.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

BPS Catat Harga Minyak Goreng hingga Bawang Merah Naik

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sejumlah komoditas pangan, seperti minyak goreng, ayam, hingga bawang merah naik di pekan kedua September 2024.

Neraca Dagang RI Kembali Catatkan Surplus 52 Bulan Beruntun

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca dagang Indonesia pada periode Agustus 2024 kembali mencatatkan surplus sebesar sebesar US$ 2,90 miliar.

Akbar Faizal Sarankan Prabowo Hapus Kementerian BUMN : Cuma Jadi Beban Politik Nasional

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Mantan anggota DPR RI dari Partai...

BPS Catat Impor RI di Agustus 2024 Tembus US$ 20,67 Miliar

Badan Pusat Statistik (BPS) RI mencatat nilai impor Indonesia pada periode bulan Agustus 2024 mencapai US$ 20,67 miliar. Angka tersebut secara bulanan atau month on month (mom) mengalami penurunan sebesar 4,93 persen.