Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024

Manfaat Buah Kelengkeng bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Buah kelengkeng merupakan salah satu buah yang paling digemari, karena memang memiliki rasa yang manis dan lezat.

Selain rasanya yang nikmat, buah kelengkeng rupanya menyimpan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, karena memiliki beragam nutrisi di dalamnya seperti serat, kalsium, zat besi, vitamin B, vitamin C, kalium, serta antioksidan polifenol dan flavonoid.

Berikut ini manfaat buah kelengkeng, seperti dikutip Holopis.com dari Alodokter :

Manfaat Buah Kelengkeng

  1. Bisa Cegah Berat Badan

Mengonsumsi buah kelengkeng diyakini bisa mencegah berat badan karena memiliki kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Selain daripada itu, kelengkeng juga memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga cocok untuk yang sedang melakukan proses diet.

  1. Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah kelengkeng mengandung antioksidan dan Vitamin C yang tinggi, maka dari itu diyakini bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, kedua nutrisi tersebut juga bisa meredakan peradangan dan meningkatkan efektivitas sel darah putih.

Ketika sel darah putih bekerja dengan baik, tubuh pun dapat melawan kuman penyebab infeksi. Dengan begitu, tubuh tetap terlindungi dan Anda pun tidak mudah jatuh sakit.

  1. Menangkal Efek Radikal Bebas

Kandungan vitamin C yang terkandung di dalamnya juga bisa melindungi tubuh dari kerusakan organ akibat radikal bebas.

Kandungan antioksidan dalam buah kelengkeng turut berperan dalam menangkal efek bahaya dari radikal bebas, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kanker.

  1. Bisa Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit

Manfaat buah kelengkeng bagi tubuh yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan mata dan kulit. Hal ini berkat kandungan berbagai nutrisi dan antioksidan di dalamnya.

Pada mata, antioksidan dan vitamin C dapat mengurangi peradangan, mencegah kerusakan mata, serta menurunkan risiko terkena penyakit mata akibat penuaan, seperti katarak dan degenerasi makula.

Sedangkan pada kulit, nutrisi dalam buah kelengkeng bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan membantu kulit menghasilkan kolagen. Zat ini berperan untuk menjaga kelenturan kulit.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.

Kemenkes Bakal Vaksinasi Mpox

WHO dan BPOM sepakat akan memberikan vaksinasi cacar ,monyet atau Mpox di Indonesia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru