Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Rangkuman Kunjungan Prabowo ke 5 Negara Hanya Dalam 3 Hari

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dalam kurun Waktu 3 hari, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto sekaligus presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto mengunjungi 5 negara. Pada kunjungan tersebut, Prabowo langsung bertemu dengan pimpinan negara-negara yang ia kunjungi.

Berikut ini rangkuman kunjungan kerja Prabowo Subainto ke 5 negara :

Pertama, Prabowo berkunjung ke Brunei Darussalam untuk bertemu dengan Sultan Haji Hassanal Bolkiah pada Kamis (5/9). Pertemuan keduanya, embahas sejumlah isu strategis, terutama bidang pertahanan dan juga terkait dengan kerja sama bidang pendidikan di mana ia mengundang para perwira Brunei Darussalam untuk menempuh pendidikan program Magister di Universitas Pertahanan Republik Indonesia (The Republic of Indonesia Defence University/RIDU).

“Dengan senang hati, kami mengundang para perwira Angkatan Bersenjata Brunei untuk mendaftar di program magister yang ditawarkan di RIDU,” tutur Prabowo.

Usai melakukan kunjungan kerja di Brunei, Prabowo melanjutkan perjalanannya menuju Laos dan take off dari Bandara Brunei International Airport pada Kamis, 5 September pukul 14:27 waktu setempat dan tiba di Laos pukul 17:38 waktu setempat.

Setibanya di Laos, Prabowo bertemu dengan Presiden Republik Demokratik Rakyat Laos Thongloun Sisoulith dan Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone pada Jumat, 6 September 2024.

Dalam dua pertemuan itu dibahas berbagai isu strategis antara Indonesia dan Laos yang akan menguntungkan kedua belah pihak.

“Kami memahami bahwa Indonesia dan Republik Demokratik Rakyat Laos tidak hanya memiliki hubungan bilateral tetapi juga komitmen terhadap stabilitas dan keamanan regional dalam komunitas ASEAN,” ujar Prabowo.

Melanjutkan lawatannya, dari Laos Prabowo beranjak menuju Kamboja pukul 11:38 waktu setempat dan tiba di Kamboja pada pukul 12:40 untuk bertemu dengan Presiden Senat Kamboja, Samdech Akka Moha Sena Padei Techo (Hun Sen) dan Perdana Menteri Kamboja Samdech Moha Borvor Thipadei (Hun Manet).

Dalam pertemuan dengan Hun Sen, Prabowo menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Kamboja atas komitmen yang berkelanjutan untuk memperkuat kerja sama pertahanan dengan Indonesia.

“Ke depan, sangat penting bagi kedua negara untuk secara aktif mencari dan mengeksplorasi peluang baru untuk berkolaborasi, memastikan bahwa kemitraan kita tetap kuat dan responsif terhadap tantangan dan peluang yang muncul,” kata Prabowo.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Dasco : Kader Gerindra yang Masuk Kabinet Cuma Sedikit

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyebut bahwa komposisi kabinet Prabowo-Gibran saat ini sudah mulai terbentuk.

Pesan Nawawi ke Pimpinan KPK Mendatang : Berintegritas dan Bukan Perwakilan Pemerintah

Ketua KPK sementara Nawawi Pomolango berharap agar pimpinan lembaga anti rasuah mendatang bisa memiliki perbedaan dengan sebelumnya.

Istana Tegaskan Koordinasi Pemerintah dengan KPK Berjalan Baik

Pihak Istana membantah pernyataan Nawawi Pomolango terkait susahnya untuk bertemu dan berkoordinasi dengan Presiden Jokowi.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru