Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Hari Aksara Internasional : Sejarah Perayaan Serta Tema Tahun Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Aksara Internasional disebut hadir karena kekhawatiran masyarakat dunia, khususnya Amerika Serikat. Pasalnya, di masa itu timbul kekhawatiran mengenai fenomena buta huruf di beberapa kalangan masyarakat.

Kurang lebih 50 tahun lalu, diperkirakan ada 32 juta orang dewasa yang mengalami buta huruf di AS. Fenomena itu kemudian menggugah sekelompok masyarakat untuk melakukan konferensi bertajuk ‘World Conference of Ministers of Education on the Eradication of Illiteracy’ yang digelar di Teheran, Iran pada 1965.

Barulah kemudian pada 8 September 1966, UNESCO mendeklarasikan tanggal tersebut sebagai Hari Aksara Internasional atau International Literacy Day.

Tujuannya, tak lain sebagai pengingat mengenai pentingnya literasi bagi individu, komunitas, dan masyarakat. Ini sebagai upaya menuju masyarakat yang lebih melek huruf demi menciptakan kesejahteraan dunia.

Pada perkembangannya, tepatnya di tahun 1967, komunitas global berkomitmen mengakhiri buta huruf dengan berpartisipasi dalam Hari Aksara Internasional yang pertama. Pemerintah, sekolah, dan masyarakat di seluruh dunia turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Pada 1990, peran penting literasi disorot pada konferensi dunia ‘Education for All” di Jomtien, Thailand. Selanjutnya pada 2015, literasi menjadi poin yang dimasukan ke dalam tujuan utama Suistainable Development Goals (SDG’s) bidang pendidikan.

Seiring perkembangan jaman, tepatnya mulai tahun 2017, Hari Aksara Internasional mengalihkan fokusnya ke keterampilan literasi digital, yang dianggap relevan dengan perkembangan zaman.

Untuk di Indonesia, buta aksara pada tahun 2020 berada pada posisi 1,71 persen atau sejumlah 2.961.000 orang. Capaian ini merupakan angka yang cukup besar dan harus menjadi perhatian semua pihak untuk terus mendorong percepatan penuntasan buta aksara di Indonesia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.

Hari Demokrasi Internasional : Makna dan Sejarahnya

Hari Demokrasi Internasional yang biasa disebut International Day of Democracy memiliki makna tersendiri dalam peringatan setiap tahunnya.

Hari Kunjung Perpustakaan, Momentum Tingkatkan Minat Baca dan Literasi Masyarakat

Setiap tanggal 14 September, Indonesia memperingati Hari Kunjung Perpustakaan, sebuah momentum penting untuk mengingatkan kita semua akan pentingnya perpustakaan dalam membangun kecerdasan dan literasi bangsa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru