Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Resmikan RS Kemenkes di Makassar, Jokowi : Semoga Masyarakat Tidak Berobat Ke Luar Negeri Lagi

HOLOPIS.COM, SULSEL – Presiden Jokowi (Joko Widodo) meresmikan Rumah Sakit Kementerian Kesehatan (RS Kemenkes) di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Jokowi yang didampingi Iriana Widodo itu menyebut, rumah sakit ini dibangun untuk memenuhi standar internasional dan dilengkapi dengan fasilitas kesehatan modern, serta diharapkan menjadi pusat layanan kesehatan modern untuk wilayah Indonesia bagian timur.

Dalam sambutannya, Jokowi menekankan pentingnya pembangunan sektor kesehatan selain infrastruktur dasar seperti jalan tol dan bandara.

“Pemerintah tidak hanya membangun urusan infrastruktur seperti jalan tol atau pelabuhan, atau airport, tetapi juga bidang pelayanan kesehatan yang sangat penting kita perhatikan,” kata Jokowi dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (6/9).

Gencarnya pembangunan Rumah Sakit ini menurut Jokowi dikarenakan rasa keprihatinannya terhadap kondisi beberapa rumah sakit di daerah yang belum memadai. Namun, dengan rumah sakit seperti yang diresmikan di Makassar ini, Jokowi berharap pelayanan kesehatan di Indonesia makin meningkat.

“Tadi saya masuk, ini kok melebihi hotel bintang lima. Rumah sakit harusnya seperti ini, terang benderang, bersih, dengan peralatan super modern,” ucapnya.

Jokowi membeberkan bahwa rumah sakit yang terdiri atas empat tower dan 12 lantai ini menelan biaya Rp1,56 triliun untuk pembangunannya, dengan tambahan alat kesehatannya sendiri yang sudah berjalan Rp360 miliar dan akan berjalan menjadi Rp520 miliar.

Dengan kapasitas 920 tempat tidur dan peralatan canggih seperti Cathlab, MRI, hingga CT Scan, Jokowi meyakini bahwa RS Kemenkes Makassar akan menjadi hub rumah sakit untuk wilayah timur Indonesia dan mengurangi kebutuhan warga untuk berobat ke luar negeri.

“Kita tidak mau lagi masyarakat kita lari ke Malaysia, Singapura, Amerika, atau Jepang. Cukup di Makassar. Peralatan di sini tidak kalah dengan mereka,” tegasnya.

Dengan adanya rumah sakit seperti ini, Presiden Jokowi juga berharap dapat mengurangi hilangnya devisa negara sebesar Rp180 triliun setiap tahun yang disebabkan oleh warga yang berobat ke luar negeri.

Rumah sakit ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia, tetapi juga membantu mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan luar negeri.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.

Kemenkes Bakal Vaksinasi Mpox

WHO dan BPOM sepakat akan memberikan vaksinasi cacar ,monyet atau Mpox di Indonesia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru