Senin, 16 September 2024
Senin, 16 September 2024

Jokowi Akui IKN Belum Siap Secara Keseluruhan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengakui bahwa mundurnya rencana pemindahan ASN ke IKN karena permasalahan kesiapan infrastrukur.

Jokowi mengungkapkan, masih ada beberapa infrastruktur yang dianggap penting digunakan bagi para ASN, namun belum siap untuk digunakan secara keseluruhan.

“Ya, semuanya kan dilihat, fasilitas-fasilitas yang ada sudah siap belum. Memang sebagian sudah siap, tetapi sebagian juga belum,” kata Jokowi dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (6/9).

Jokowi kemudian membandingkan hal itu dengan dirinya yang juga belum mau pindah secara penuh ke IKN jelang akhir masa jabatannya.

“Saya kira kita pindah itu kalau betul-betul siap, termasuk saya ini juga sama. Pindah betul-betul memang harus siap betul,” ucapnya.

Oleh karena itu, Jokowi menyebut bahwa dirinya terus berusaha memantau secara langsung progres pembangunan di IKN secara berkala untuk memastikan kondisi pembangunan.

“Tapi kan kita terus berkunjung ke sana, tiga hari, empat hari, untuk terus mengkonsolidasi dengan Pak Kepala Otorita IKN agar apa yang sudah kita rencanakan sesuai dengan target yang ditentukan,” ucapnya.

Mantan Wali Kota Solo itu kemudian meminta kesabaran semua pihak untuk menunggu proses pembangunan IKN bisa berjalan dengan baik dan bukan dipaksakan sehingga hasilnya tidak baik.

“Ini pekerjaan besar, IKN itu pekerjaan yang sangat besar sekali, jadi tidak segampang yang kita bayangkan, pindah langsung pindah. Karena menyangkut pindah, apakah rumahnya siap, apakah apartemennya siap. Kalau apartemennya siap, apakah airnya juga siap, listriknya juga siap,” terangnya.

“Semuanya ini perlu… Ini kan kita membangun sebuah ekosistem besar, di mana nanti kita harapkan nanti betul-betul interaksi di antara masyarakat, di antara warga yang tinggal di IKN betul-betul sebuah komunitas yang hidup, baik dari sisi ekonomi, sosial, budaya, dan lain-lainnya,” sambungnya.

Sementara itu, saat dicecar mengenai kendala progres pembangunan IKN, Jokowi pun berdalih dan memerintahkan anak buahnya untuk menjawab.

“Ditanyakan seperti itu kalau hal-hal teknis kepada Pak Kepala Otorita IKN, Pak Basuki ada di dekat saya,” kilahnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jasamarga Catat Peningkatan Libur Panjang Maulid Nabi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Jasamarga (Persero) mencatat sebanyak tiga...

Trending Labubu, Asal-usul dan Perjalanan Karakter Monster Imut Bergigi Tajam

Karakter ini menjadi booming dan dengan cepat memperoleh popularitas yang luar biasa, setelah Lisa Blackpink menggunakan karakter Labubu sebagai gantungan di tasnya.

KAI Catat Lebih 178 Ribu Tiket Sudah Terjual untuk Arus Balik

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru