Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Terbangun Saat Tengah Malam Namun Susah Tidur Lagi? Ini Tips yang Bisa Diikuti

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Terbangun di tengah malam dan kesulitan untuk kembali tidur adalah masalah tidur yang sebenarnya umum terjadi dan bisa dirasakan oleh siapa saja.

Meskipun sepele, namun sebenarnya hal ini bisa cukup mengganggu, apalagi jika Sobat Holopis memiliki jadwal pagi keesekokan harinya. Sulit untuk kembali tidur bisa mengganggu jadwal Sobat Holopis.

Namun jangan khawatir, ini dia empat tahap yang dapat membantu kamu kembali tidur dengan lebih cepat dan efektif:

1. Tetap Tenang dan Relaksasi

Ketika Sobat Holopis terbangun di tengah malam dan merasa kesulitan untuk kembali tidur, hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang. Kecemasan atau frustrasi hanya akan memperburuk situasi dan membuat Sobat Holopis semakin sulit tidur. Ingatlah bahwa terbangun di malam hari adalah hal yang biasa dan sering kali hanya memerlukan waktu untuk kembali tidur.

Cobalah teknik relaksasi untuk menenangkan pikiran dan tubuh Sobat Holopis:

  • Pernafasan Dalam: Tarik napas dalam-dalam melalui hidung, tahan sejenak, lalu hembuskan perlahan melalui mulut. Ulangi beberapa kali.
  • Relaksasi Otot: Fokus pada setiap kelompok otot dari kepala hingga kaki. Kencangkan otot selama beberapa detik, lalu rilekskan.
  • Meditasi: Gunakan panduan meditasi atau aplikasi relaksasi untuk membantu menenangkan pikiran.

2. Hindari Aktivitas yang Mengganggu

Mengintip jam atau menggunakan ponsel dapat merangsang otak dan membuatnya lebih sulit untuk kembali tidur. Cobalah untuk menghindari aktivitas ini dan fokuslah pada metode relaksasi yang sudah disebutkan.

Jika Sobat Holopis tidak bisa tidur setelah 20-30 menit, cobalah untuk bangkit dari tempat tidur dan lakukan aktivitas yang ringan. Pilih aktivitas yang tidak merangsang, seperti membaca buku dengan cahaya redup atau mendengarkan musik yang menenangkan. Hindari menonton televisi atau menggunakan perangkat elektronik yang bisa mengganggu tidur Sobat Holopis lebih lanjut.

3. Periksa Lingkungan Tidur

Lingkungan tidur yang nyaman sangat penting untuk kualitas tidur Sobat Holopis. Pastikan kamar tidur Sobat Holopis memiliki suhu yang sejuk dan nyaman. Gunakan tirai gelap atau penutup mata untuk mengurangi cahaya yang mengganggu tidur.

Jika kebisingan menjadi masalah, pertimbangkan untuk menggunakan mesin suara putih atau earplug untuk mengurangi gangguan. Lingkungan yang tenang dapat membantu Sobat Holopis merasa lebih santai dan lebih mudah tidur kembali.

4. Pertimbangkan Faktor Penyebab dan Rutinitas Tidur

Makanan atau minuman yang dikonsumsi dekat dengan waktu tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur Sobat Holopis. Hindari makan makanan berat atau minuman berkafein sebelum tidur. Jika Sobat Holopis merasa lapar saat terbangun, pilih camilan ringan yang tidak mengandung kafein atau gula.

Pastikan juga untuk menjaga istirahat agar tubuh tetap sehat dan jauh dari segala penyakit ya, Sobat Holopis,

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...

Menhub Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Transportasi Inklusif Terintegrasi DTKJ Awards 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima...

6 Juta Data DJP Bocor, Begini Respon Sri Mulyani

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati akhirnya angkat bicara terkait adanya kabar kebocoran 6 juta data milik DIrektorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Pasalnya dalam 6 juta data yang bocor itu, terdapat data dirinya dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru