Senin, 16 September 2024
Senin, 16 September 2024

Kehadiran Paus Fransiskus Bikin Habib Jafar Merasakan Nilai Kesederhanaan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Habib Jafar terlihat hadir saat Paus Fransiskus berkunjung ke Masjid Istiqlal, pada Kamis (5/9). Ia mengaku, Paus Fransiskus bukan sosok yang asing baginya.

Menurut Habib Jafar, ia mengenal Paus Fransiskus karena banyak membaca soal paus asal Argentina itu dari berbagai buku dan kisah-kisah yang diceritakan kepadanya.

“Saya mendengar kisah-kisah Paus dari jauh. Saya membaca buku-buku yang menceritakan beliau. Saya mendengar kisah-kisah tentang beliau dari Kardinal Suharyo, dari Keuskupan Agung Jakarta yang bertugas di gereja Vatikan Roma. Tentang kesederhanaannya, tentang kemanusiaannya, tentang komitmennya terhadap toleransi hingga nilai-nilai ekologi,” jawabnya saat ditanya wartawan yang dikutip Holopis.com.

Kehadiran pemimpin Gereja Katolik dunia ini, membuat Habib Jafar bisa langsung merasakan apa yang ia dengar tentang sosok Paus Fransiskus.

“Dan hari ini saya melihat dari dekat dan merasakan langsung nilai-nilai yang saya dengar tentang Pak Fransiskus. Bagaimana beliau memiliki komitmen terhadap nilai-nilai ekologi dan toleransi, sempat moderasi. Dan bagaimana beliau terlihat dan terasa sekali kesederhanaannya,” ujarnya.

Salah satu nilai yang dijadikan refleksi oleh Habib Jafar, yakni keserhanaan Paus Fransiskus. Nilai kesederhanaan ini, dijadikan refleksi khususnya anak muda Indonesia untuk untuk menjauhi sifat-sifat hedonism.

“Yang itu tentu satu pesan yang penting secara praktis dan real, khususnya bukan hanya kepada pemimpin-pemimpin agama dan pemimpin-pemimpin negara, tapi juga kepada kita anak muda yang seringkali sekarang terjebak dalam hedonisme, bahkan hedonisme yang palsu,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Paus Fransiskus akan melanjutkan perjalanan Apostoliknya di Indonesia, dengan mengunjungi Masjid Istiqlal pada Kamis (5/9).

Ada dua agenda yang akan dilakukan Kepala Negara Vatikan ini di Masjid Istiqlal, pertama penandatanganan Deklarasi Bersama Istiqlal 2024: Meneguhkan Kerukunan Umat Beragama untuk Kemanusiaan.

Selanjutnya, Paus Fransiskus juga mengunjungi terowongan Silaturahmi yang menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

KAI Catat Lebih 178 Ribu Tiket Sudah Terjual untuk Arus Balik

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI...

Rayakan Maulid Nabi Muhammad dengan Twibbon, Ini Linknya

Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1446 Hijriyah yang jatuh pada tanggal 16 September 2024, dirayakan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia.

Beraktivitas Hari Ini, Bebas dari Aturan Ganjil Genap

Aturan Ganji Genap (Gage) di wilayah Jakarta, pada 16 September 2024 ditiadakan. Karena, hari ini merupakan libur nasional.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru