Senin, 16 September 2024
Senin, 16 September 2024

Kaya Vitamin C dan Bromelain, Ini Sederet Fakta Unik Buah Nanas

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Buah tropis yang segar dan kaya akan nutrisi seperti Nanas, tak hanya memiliki rasa yang lezat, tetapi juga menyimpan berbagai fakta unik yang menarik.

Di balik penampilannya yang berduri, buah yang dijadikan ikon rumah karakter animasi Spongebob Squarepants ini ternyata memiliki banyak hal menarik yang jarang diketahui banyak orang lho!

Berikut adalah beberapa fakta unik tentang nanas:

  1. Tumbuhan dengan Satu Buah per Siklus

Satu tanaman nanas hanya bisa menghasilkan satu buah pada satu waktu. Setelah buah pertama dipanen, tanaman nanas akan memunculkan tunas baru yang nantinya akan tumbuh menjadi buah baru, tetapi proses ini memakan waktu.

Karena siklus pertumbuhannya yang lambat, nanas sering dianggap sebagai tanaman yang membutuhkan kesabaran dalam budidaya.

  1. Kandungan Enzim Bromelain

Nanas mengandung enzim unik bernama bromelain yang membantu memecah protein. Bromelain ini sering digunakan sebagai pelunak daging alami karena kemampuannya untuk memecah serat otot pada daging.

Selain itu, bromelain juga memiliki manfaat kesehatan, seperti membantu pencernaan dan mengurangi peradangan.

  1. Bukan Satu Buah, Melainkan Sekelompok Buah

Nanas sebenarnya bukan satu buah tunggal, melainkan kumpulan banyak buah kecil yang tumbuh bersama di sekitar batang pusat. Setiap “mata” nanas di bagian luarnya mewakili satu bunga individual yang telah berkembang menjadi buah kecil.

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam nanas membuatnya sangat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin C membantu dalam produksi kolagen, yang penting untuk menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit. Selain itu, bromelain yang ada di dalam nanas juga dapat membantu mengatasi jerawat dan mengurangi peradangan kulit.

  1. Simbol Kekayaan di Zaman Dulu

Pada zaman kolonial di Eropa, nanas merupakan barang mewah yang sangat langka dan mahal. Tidak semua orang mampu membeli nanas, dan buah ini sering disewa sebagai dekorasi meja di pesta-pesta kelas atas. Nanas menjadi simbol kekayaan dan status sosial pada masa itu.

Nanas tidak hanya dikenal karena rasanya yang manis dan segar, tetapi juga karena manfaat kesehatannya dan fakta unik yang menyertainya. Baik untuk dikonsumsi langsung atau digunakan dalam masakan, nanas selalu menjadi pilihan yang menyenangkan dan sehat bagi banyak orang.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jasamarga Catat Peningkatan Libur Panjang Maulid Nabi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Jasamarga (Persero) mencatat sebanyak tiga...

Trending Labubu, Asal-usul dan Perjalanan Karakter Monster Imut Bergigi Tajam

Karakter ini menjadi booming dan dengan cepat memperoleh popularitas yang luar biasa, setelah Lisa Blackpink menggunakan karakter Labubu sebagai gantungan di tasnya.

KAI Catat Lebih 178 Ribu Tiket Sudah Terjual untuk Arus Balik

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru