Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Imam Besar Istiqlal Cium Paus Fransiskus, Jadi Simbol Toleransi di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kehadiran Pope Francis atau Paus Fransiskus di Indonesia telah menjadi lambang keberagaman dan toleransi di Indonesia. Salah satu momen yang membuat banyak hati orang tertegun adalah saat Imam Besar Istiqlal Nasaruddin Umar mencium kepala Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus kemudian membalas kebaikan tersebut dengan mencium tangan Nasaruddin Umar. Kedua tokoh yang berarti untuk masing-masing umatnya itu mengenakan pakaian berwarna putih dan tampak senada.

Paus Fransiskus lalu melambaikan tangannya kepada masyarakat yang hadir dan meninggalkan Masjid Istiqlal.

Seperti diberitakan Holopis.com sebelumnya, Paus Fransiskus sangat terkesan dengan sikap saling bergandengan tangan ketika tendensi untuk memecah belah, memaksa, dan memprovokasi satu sama lain terus meningkat.

“Kamu tahu apa yang mempunyai kepentingan atau apa yang memecahbelahkan dan meruntuhkan semua itu? Tentu saja adalah kerja setan, jadi berhati-hati,” kata Paus.

“Nabi-nabi persatuan, di dalam dunia, ketika tendensi untuk memecah belah, memprovokasi sesama lain, niatnya terus menerus meningkat,” lanjtunya.

Paus membayangkan Indonesia yang merupakan sebuah negara kepulauan yang luas namun orang-orangnya dapat bersatu dan saling merangkul.

Menurut Paus Fransiskus, Indonesia menjadi contoh pentingnya persaudaraan di tengah perbedaan yang begitu banyak.

Pada hari ini, Kepala Gereja Katolik seluruh Indonesia tersebut memimpin misa di Gelora Bung Karno bersama ribuan umat Katolik Indonesia yang sudah hadir.

Paus Fransiskus juga sudah mengunjungi terowongan Silaturahmi yang menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral.

Berikut ini, jadwal Paus Fransiskus di Jakarta pada hari ini dan besok.

Kamis, 5 September 2024


Pukul 09.00 WIB: pertemuan dengan para tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal
Pukul 10.15 WIB: pertemuan dengan penerima manfaat organisasi amal di Kantor Pusat Konferensi Waligereja Indonesia
Pukul 17.00 WIB: misa akbar di GBK.

Jumat, 6 September 2024


Pukul 09.15 WIB: upacara di Bandara Internasional Soekarno-Hatta
Pukul 09.45 WIB: keberangkatan dengan pesawat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta menuju Port Moresby, Papua Nugini.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...

Menhub Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Transportasi Inklusif Terintegrasi DTKJ Awards 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima...

6 Juta Data DJP Bocor, Begini Respon Sri Mulyani

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati akhirnya angkat bicara terkait adanya kabar kebocoran 6 juta data milik DIrektorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Pasalnya dalam 6 juta data yang bocor itu, terdapat data dirinya dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru