Minggu, 15 September 2024
Minggu, 15 September 2024

Istana Siap Terima Kunjungan Paus Fransiskus Pagi Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Deputi bidang Protokol Pers dan media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana menyampaikan bahwa Paus Fransiskus akan berkunjung ke Istana Negara Jakarta pada pagi ini, Rabu 4 September 2024 sekira pukul 09.30 WIB.

Ia mengatakan bahwa Presiden Jokowi (Joko Widodo) siap menerima kunjungan tokoh agama tertinggi umat Katolik tersebut dalam kegiatan Apostolic Journey-nya di Indonesia.

“Presiden akan menerima kunjungan kenegaraan Yang Mulia Paus Fransiskus di Istana Merdeka,” kata Yusuf dalam keterangannya, Selasa (3/9) seperti dikutip Holopis.com.

Yusuf menyampaikan sebagaimana yang telah dijadwalkan, kunjungan tersebut akan diawali dengan upacara kenegaraan di halaman depan Istana Merdeka.

Selain itu juga akan ada pertemuan dengan para tokoh agama dan korps diplomatik di Istana Negara.

Sebelumnya Bapa Suci Paus Fransiskus berserta rombongan tiba di Terminal VVIP Bandara Seokarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, dengan menggunakan pesawat komersil ITA Airways Z400 berwarna biru berbendera Vatican dan Indonesia, Selasa, sekitar pukul 11.25 WIB. Paus Fransiskus datang ke Indonesia dalam rangkaian perjalanan apostolik ke Asia Pasifik.

Saat kedatangannya, ia turun dari pesawat komersial ITA Airways Z400 menggunakan kursi roda dengan dikawal sejumlah petugas pengamanan secara ketat menuju red carpet untuk mendapatkan sambutan hangat dari Indonesia.

Selanjutnya, Paus Fransiskus diberikan hand bouquet yang dibuat khusus untuk menyambut kedatangannya dengan makna ‘Bhinneka Tunggal Ika’ yang merupakan semboyan Bangsa Indonesia dengan arti ‘berbeda-beda namun tetap satu’.

Rangkaian ini dibuat menggunakan tanaman, sayur, buah dan rempah asli dari Indonesia sebagai mewakili berbagai suku bangsa dan adat yang ada di Indonesia.

Paus Fransiskus yang juga sebagai Kepala Negara Vatikan ini, kemudian melanjutkan perjalanannya menuju ke Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta dengan menggunakan kendaraan roda empat jenis Toyota Innova Zenik Hybrid berkelir putih. Tampak kesederhanaan dan kesahajaan ditunjukkan oleh Pope Francis sembari menyapa para jemaat dan masyarakat Indonesia sepanjang jalan di kawasan MH Thamrin hingga Gambir.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tuding Munaslub Ilegal, Kadin Kubu Arsjad Bakal Tempuh Jalur Hukum

Ketua Kadin Indonesia periode 2023-2026, Arsjad Rasjid angkat bicara terkait Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang digelar di St Regist, Jakarta, pada Sabtu (14/9) kemarin.

Pramono Anung Sesumbar Jokowi Bakal Turuti Permintaannya

Pramono Anung menanggapi perihal surat pengunduran dirinya sebagai Sekertaris Kabinet yang saat ini belum juga ditandatangani oleh Presiden Jokowi.

Haidar Alwi Harap PDIP Tak Gabung KIM Plus di Tengah Wacana Pertemuan Prabowo-Megawati

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pendiri Haidar Alwi Institute (HAI), R...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru