Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Diselimuti Isu Transgender di Paralimpiade Paris 2024, Valentina Petrillo Bilang Gini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Isu transgender kini terjadi di Paralimpiade Paris 2024, kali ini menyelimuti Valentino Petrillo. Atlet asal Italia itu pun turut buka suara menanggapi kontroversi tersebut.

Sebelum itu, perlu diketahui bersama bahwa Valentino Petrillo sudah berusia 50 tahun, dimana ia turun di cabang olahraga atletik T12 pada nomor 400 motor.

Valentino Petrillo pun sukses mencapai semifinal, namun gagal dalam perebutan medali. Menariknya, Petrillo merupakan atlet yang secara terbuka mengumumkan bahwa dirinya merupakan transgender di Paralimpiade Paris 2024.

Hal itu jelas mengundang kontroversi, dimana banyak yang menilai bahwa Valentino Petrillo tak layak bermain di nomor putri.

Seiring dengan kecaman yang menimpanya di Paralimpiade Paris 2024, Valentino Petrillo merespon dengan tenang.

“Saya orang pertama yang menanyakan pertanyaan-pertanyaan ini juga ke diri sendiri. Sebelumnya, ketika saya memutuskan untuk tidak berlari lagi, karena saya tidak ingin lagi berlari sebagai laki-laki, saya juga bertanya pada diri sendiri soal pertanyaan-pertanyaan ini. Saya berkata, ‘Bagaimana jika Anda, sebagai seorang dengan biologis wanita, melihat Valentina di trek?” ungkap Valentina Petrillo, seperti dikutip Holopis.com.

“Saya rasa pertanyaan tersebut wajar dan normal. Kita lahir di masyarakat yang menuntun kita untuk berbicara, tapi selama perjalana ini, saya belajar banyak hal, dan kemudian saya benar-benar paham dimana letak masalahnya,” tambahnya.

Masalahnya adalah masalah informasi. Jadi kita harus membicarakan hal-hal ini, kita tidak boleh takut. Kita harus bertanya pada diri sendiri, duani olahraga juga harus mempertanyakan kita,” lanjutnya.

“Tentu saja, kata inklusi harus menjadi yang terdepan dalam dunia olahraga, karena solusinya harus ditemukan untuk semua orang,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Valentina Petrillo lahir di Kota Naples dan telah menekuni dunia atletik sejak kecil. Seketika ia mendapat masalah pengelihatan pada usia 14 tahun.

Kemudian Valentina Petrillo juga pernah menjadi atlet futsal dan kembali ke dunia atletik pada usia 41 tahun dalam status sebagai pria, hingga sukses juara sebanyak 11 kali di kejuaraan nasional.

Lalu pada 2019 Valentina Petrillo melakukan perubahan gender dari pria ke wanita. hingga kemudian mulai turun di nomor putri pada 2020 untuk pertama kalinya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jadwal China Open 2024 Hari Ini : 6 Wakil Indonesia Main di 16 Besar

China Open 2024 hari ini memasuki babak 16 besar, Indonesia sendiri masih memiliki enam wakil di fase tersebut. Simak jadwal selengkapnya di artikel ini.

PSG Menang Sulit Lawan Girona 1-0

Paris Saint-Germain (PSG) harus susah payah mengandaskan perlawanan Girona pada laga perdana fase grup Liga Champions, dengan skor 1-0 tanpa balas.

Hasil Final Sepakbola Putra PON XXI Aceh-Sumut 2024 : Jatim Gasak Emas Usai Sikat Jabar 1-0

Pertandingan final cabang olahraga (cabor) sepakbola putra PON XXI Aceh-Sumut 2024 telah pun rampung, dimana tim sepakbola putra Jatim berhasil meraih medali emas usai sukses mengandaskan perlawanan Jabar, dengan skor tipis 1-0 tanpa balas.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru