Minggu, 15 September 2024
Minggu, 15 September 2024

Profil Leani Ratri Oktila, Peraih Emas dan Perak di Paralimpiade Paris 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Leani Ratri Oktila telah menorehkan sejarah baru bagi Indonesia dalam ajang Paralimpiade Paris 2024 dengan meraih medali emas perdana. Dalam pertandingan final ganda campuran klasifikasi XD SL3-SU5, Leani bersama Hikmat Ramdani berhasil menaklukkan pasangan rekan satu negara, Khalimatus Sadiyah dan Fredy Setiawan, dengan skor 21-16 dan 21-15.

Berikut profil dari Leani Ratri Oktila yang sudah mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

  • Nama : Leani Ratri Oktila
  • Tanggal Lahir : 6 Mei 1991
  • Tempat Lahir : Dusun Karya Nyata, Desa Siabu, Kecamatan Solo, Kabupaten Riau
  • Pekerjaan : Atlet badminton
  • Instagram : oktila_lr
  • TikTok : @oktila_lr

Leani Ratri Oktila Sabet Emas dan Perak di Paralimpiade Paris 2024

Keberhasilan ini menandai pencapaian luar biasa dalam karier Leani, yang semakin mengukuhkan statusnya sebagai salah satu atlet parabadminton terkemuka di dunia.

Selain medali emas dalam ganda campuran, Leani juga berhasil meraih medali perak dalam pertandingan tunggal putri. Di final tunggal putri, Leani harus mengakui keunggulan Cheng Hefang dari China. Meskipun demikian, pencapaian Leani yang meraih dua medali dalam satu edisi Paralimpiade menunjukkan dedikasi dan kemampuannya di lapangan.

Pada Paralimpiade Tokyo 2020, Leani dikenal sebagai ‘Ratu Parabadminton”’setelah berhasil meraih dua medali emas dan satu medali perak.

Prestasi gemilang ini menjadikannya sebagai satu-satunya atlet Indonesia yang berhasil meraih tiga medali dalam ajang tersebut, mengukuhkan namanya sebagai legenda dalam dunia parabadminton.

Kecelakaan yang Ubah Hidup Leani Selamanya

Karier gemilang Leani tidak tanpa tantangan. Pada tahun 2021, Leani mengalami kecelakaan sepeda motor yang mengakibatkan kaki kirinya menjadi lebih pendek 7 cm dari kaki kanannya. Meskipun mengalami perubahan besar dalam hidupnya, Leani tidak menyerah. Keteguhan dan semangat juangnya membawanya untuk terus bermain bulu tangkis meskipun dalam kondisi fisik yang berubah.

Berikut ini daftar prestasi Leani Ratri Oktila

  1. Tahun 2012 Leani Ratri mendapatkan gelar pertamanya sebagai atlet parabadminton, ia meraih satu medali emas dan perak dalam Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas). Mendapatkan total 7 emas, 2 perak di Indonesia Para-Badminton International tahun 2014-2016
  2. Dalam ajang ASEAN Paragames: Tahun 2015, Leani mendapatkan emas tunggal putri di Singapura. Tahun 2017, Leani meraih emas ganda putri di Kuala Lumpur. Tahun 2017, meraih emas ganda campuran di Kuala Lumpur
  3. Tahun 2017-2018 meraih 5 emas di Thailand Para-Badminton International
  4. Tahun 2018 meraih 3 emas dan 1 perak di Australia Para-Badminton International
  5. Tahun 2018-2019: Leani Ratri dianugerahi gelar atlet parabadminton putri terbaik dari Federasi Badminton Dunia (BWF).
  6. Tahun 2019 meraih 5 emas dan 3 perak di Dubai Para-Badminton International dan 6 emas di Canada Para-Badminton International
  7. Tahun 2020 meraih  2 emas dan 1 perak di Brazil Para-Badminton International 2020.
  8. Tahun 2020 meraih 2 emas dan 1 perak di Paralimpiade Tokyo
  9. Tahun 2023 meraih 3 medali emas di IWAS World Games
  10. Tahun 2024 meraih 2 emas di 4 Nation Parabadminton International Skotlandia
  11. Tahun 2024 meraih 1 emas dan 1 perak di Paralimpiade Paris
Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Profil Anindya Bakrie, Ketua Umum Kadin Indonesia Baru

Anindya Bakrie telah resmi ditetapkan sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, menggantikan Arsjad Rasjid.

Profil Ariel Tatum: Biodata, Karier, dan Kehidupan Sang Artis Multitalenta

Dengan kecantikan yang menawan dan kemampuan akting yang luar biasa, Ariel berhasil menjadi salah satu figur publik yang paling dikenal di Indonesia.

Profil Gus Ipul, Sekjen PBNU yang Dilantik Jadi Mensos

Jabatan baru untuk Menteri Sosial akan dipercayakan kepada Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Sosok ulama Jawa Timur yang saat ini menjabat sebagai Sekjen PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama).
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru