Minggu, 15 September 2024
Minggu, 15 September 2024

KSAD Berharap Safkar Indopura Momentum Asah Kemampuan Militer

HOLOPIS.COM, JAKARTA – KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal Maruli Simanjuntak mendorong kerja keras para prajurit yang mengikuti Latihan Bersama (Latma) Safkar Indopura ke-36 tahun 2024.

Jenderal Maruli Simanjuntak juga berharap latihan tersebut dapat makin mempererat kerja sama, membangun kepercayaan, serta menjadi wadah penting untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalisme prajurit TNI AD dan Angkatan Darat Singapura.

“Tujuan utama Latihan Bersama Safkar Indopura ke-36 ialah untuk mempererat kerja sama dan membangun rasa saling percaya antara kedua angkatan darat,” kata Maruli Simanjuntak dalam pernyataannya pada Senin (2/9) seperti dikutip Holopis.com.

Selain itu, Maruli berharap latihan yang dilakukan di Markas Yonif 411/Pdw/6/2/Kostrad, Salatiga, Jawa Tengah ini menjadi sarana penting dalam meningkatkan keterampilan dan profesionalisme prajurit.

Maruli juga menekankan bahwa latihan ini bukan hanya memperkuat hubungan bilateral yang telah terjalin selama 36 tahun, tetapi juga meningkatkan kesiapan dan kemampuan operasional kedua angkatan bersenjata.

“Meskipun terdapat perbedaan sejarah dan doktrin militer antara TNI AD dan Angkatan Darat Singapura,” imbuhnya.

Latihan ini akan berlangsung selama 12 hari di Salatiga dan Gunung Merbabu, dengan berbagai materi kegiatan seperti Professional Exchange, Live Firing Exercise, Command Post Exercise, dan Field Training Exercise.

Di mana semua kegiatan tersebut dirancang untuk meningkatkan kemampuan dan kerja sama satuan, serta kesiapsiagaan dalam menghadapi tantangan bersama di masa depan.

Maruli kemudian menekankan pentingnya faktor keamanan selama latihan berlangsung dan menjunjung tinggi prinsip kesetaraan, kebersamaan, serta saling menghormati antara kedua angkatan.

Sementara itu, Singapore Chief of Army, Major General David Neo Chin Wee mengatakan bahwa Latma Safkar Indopura adalah kesempatan berharga untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, sekaligus memahami taktik masing-masing angkatan dan bekerja sama dalam situasi yang kompleks.

“Latihan ini merupakan platform yang sangat baik bagi kedua angkatan bersenjata untuk berlatih bersama dan memperkuat hubungan kita,” kata David,

Latma Safkar Indopura merupakan latihan militer tahunan antara TNI AD dan Angkatan Darat Singapura, yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama operasional dan memperkuat hubungan pertahanan kedua negara.

Latihan ini juga mencakup pertukaran pengalaman dan teknik terbaru di bidang taktik militer serta teknologi pertahanan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

KSAL Tegaskan Kebutuhan Kapal Selam Sudah Mendesak

KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut) Laksamana Muhammad Ali berbicara mengenai pentingnya keberadaan kapal selam untuk menjaga wilayah perairan Indonesia saat ini.

KSAU Pasrah Angkatan Siber Banyak Diisi Sipil

KSAU (Kepala Staf Angkatan Udara) Marsekal TNI Tonny Harjono menanggapi rencana pembentukan Angkatan Siber yang kian santer belakangan ini.

Jenderal Maruli Dukung Pembentukan Angkatan Siber Rampung di Pemerintahan Prabowo

KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal Maruli Simanjuntak mengakui keberadaan Angkatan Siber saat ini sudah terbilang mendesak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru