Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Kesederhanaan Paus Fransiskus Patut Dicontoh

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut mengapresiasi sikap tawadhu’ dan ujub yang ditunjukkan oleh Paus Fransiskus saat mengunjungi Indonesia.

“Saya kira ini luar biasa kesederhanaan beliau, beliau contohkan bagaimana menjadi (pemimpin),” kata Gus Yaqut saat ditemui wartawan di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (3/9) seperti dikutip Holopis.com.

Seluruh fasilitas yang digunakan Paus dalam kunjungan tersebut memang sangat sederhana, cukup berbeda dengan pimpinan negara lainnya. Di mana Paus melakukan lawatan apostolik journey ke Indonesia dari Italia menggunakan pesawat komersil, yakni ITA Airways.

Tak hanya itu, saat tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Paus memilih menggunakan mobil civil car, yakni Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid berkelir putih. Bahkan untuk penginapan selama di Indonesia, ia pun akan tinggal di Kedutaan Besar Vatikan di kawasan Gambir Jakarta Pusat.

“Karena beliau ini kan bukan hanya pemimpin agama, tetapi juga pemimpin negaranya, beliau ini pimpinan tahta suci Vatikan, dengan kesederhanaan itu beliau tunjukkan itu, beliau tunjukkan bagaimana beliau memilih kendaraan pun dengan cara yang sangat sederhana, gitu,” ujarnya.

Oleh sebab itu, apa yang ditampilkan Paus Fransiskus tersebut sepatutnya menjadi teladan yang baik bagi para pejabat dan masyarakat Indonesia secara luas, bagaimana kesederhanaan diterapkan.

“Dan ini patut untuk dicontoh, patut dicontoh,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

4 Khasiat Pare, Pahit Tapi Baik untuk Tubuh

Pare, atau yang sering disebut juga sebagai peria, adalah sayuran yang dikenal dengan rasa pahitnya yang khas.

4 Alasan Bahaya Sentuh Sembarangan Bayi di Tempat Umum

Selebtok Jennifer Coppen melarang anak perempuannya, Kamari Sky Wassink disentuh oleh penggemarnya di tempat umum.

Khasiat Biji Nangka, Nomor 5 Wajib Dicatat Ciwi-ciwi!

Biji nangka, yang seringkali dianggap sebagai sampah dan dibuah setelah mengonsumsi buah nangka.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru