Minggu, 15 September 2024
Minggu, 15 September 2024
NewsEkobizIndonesia Kembali Catatkan Deflasi di Agustus 2024

Indonesia Kembali Catatkan Deflasi di Agustus 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan terjadinya deflasi sebesar 0,03 persen secara bulanan pada periode bulan Agustus 2024. Sementara secara tahunan, terjadi inflasi sebesar 2,12 persen.

“Deflasi Agustus 2024 ini lebih rendah dibandingkan Juli 2024 dan merupakan deflasi ke-4 pada 2024,” ungkap Deputi Bidang Distribusi dan Jasa, BPS, Pudji Ismartini dalam konferensi pers, Senin (2/9) seperti dikutip Holopis.com.

Pudji menambahkan, kelompok pengeluaran penyumbang deflasi bulanan terbesar adalah makanan, minuman dan tembakau, dengan deflasi sebesar 0,52 persen andil deflasi sebesar 0,15 persen.

Sementara itu terdapat komoditas yang memberikan andil inflasi di antaranya adalah bensin dan cabai rawit dengan andil inflasi masing-masing 0,03 persen.

Kemudian kopi bubuk dan emas perhiasan dengan andil inflasi masing-masing 0,02 persen. Kelompok komoditas beras dan sigaret kretek mesin, serta ketimun juga memberikan andil inflasi masing-masing 0,01 persen.

“Kelompok pendidikan juga memberikan andil inflasi sebesar 0,04 persen atau mengalami inflasi sebesar 0,65 persen. Biaya SD, biaya perguruan tinggi, biaya SMP memberikan andil inflasi masing-masing 0,01 persen,” tutupnya.

Adapun pada periode Agustus 2024, BPS mencatat beberapa peristiwa, pertama adalah bahwa Pertamina kembali melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak atau BBM non subsidi pada Agustus 2024.

Kemudian terkait produksi bawang merah, pasokan bawang merah saat ini melimpah, seiring dengan peningkatan produksi di wilayah sentra sentra produksi seperti Brebes dan juga Nganjuk.

Ketiga yakni berkaitan dengan harga rata-rata nasional ayam ras pedaging hidup atau livebirds di tingkat produsen yang mengalami penurunan.

Terakhir, BPS juga mencatat adanya aktivitas panen tomat yang berlangsung di beberapa daerah. Hal ini membuat suplai tomat mengalami kenaikan pada periode bulan Agustus 2024.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

OJK Catat Total Kredit Berkelanjutan Perbankan Rp 1.959 Triliun

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan total kredit atau pembiayaan berkelanjutan Perbankan yang telah disalurkan hingga tahun 2023 mencapai Rp 1.959 triliun.

Pasar Modal Sepekan, Ada Pencatatan 1 Obligasi di BEI

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat kinerja pasar modal di Indonesia selama sepekan terakhir, atau selama periode 9 - 13 September 2024 mengalami peningkatan. Dimana pada periode tersebut, terdapat 1 pencatatan obligasi di pasar modal.

Asmindo Sebut Pembangunan IKN Jadi Berkah Bagi Industri Mebel

Program pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) membawa angin segar bagi para pelaku usaha, khususnya para pelaku Usaha Kecil Menegah (UKM) di industri mebel dan kerajinan dalam negeri.

Panas! Arsjad Rasjid Diusir dari Menara Kadin

Tensi di internal Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia kini semakin memanas, setelah perhelata Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang digelar pada Sabtu (14/9).