Minggu, 15 September 2024
Minggu, 15 September 2024

Pengertian Sinkhole, Mengapa Jalan atau Tanah Tiba-tiba Runtuh dan Tinggalkan Lubang Besar?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dunia saat ini sedang dihebohkan kasus sinkhole yang terjadi di beberapa negara. Insiden sinkhole yang terjadi dalam waktu berdekatan pun membuat banyak masyarakat menjadi khawatir. Tidak sedikit pula yang masih bingung denga napa itu fenomena sinkhole dan definisinya.

Bagi Soba Holopis yang bingung, ini dia pengertian sinkhole serta penjelasannya.

Sinkhole, atau dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai lubang runtuh, adalah fenomena geologi yang terjadi ketika tanah di atas ruang kosong di bawah permukaan runtuh secara tiba-tiba.

Fenomena ini dapat mengakibatkan terjadinya lubang besar di permukaan tanah, dan sering kali disertai dengan kerusakan yang signifikan pada lingkungan sekitarnya. Untuk memahami sinkhole dengan lebih baik, penting untuk mempelajari proses yang menyebabkannya serta dampak yang dapat ditimbulkan.

Mengapa Bisa Terjadi Sinkhole?

Sinkhole terbentuk ketika tanah di bawah permukaan tanah larut atau tererosi, mengakibatkan pembentukan ruang kosong. Proses ini sering kali terkait dengan jenis batuan yang larut, seperti kapur, gipsum, atau garam. Ketika air, baik dari hujan maupun dari sumber lain, mengalir melalui lapisan batuan ini, ia dapat mengikis batuan tersebut seiring waktu, menciptakan rongga di bawah tanah.

Kondisi ini akan menjadi lebih berbahaya jika tanah di atas rongga tidak cukup stabil untuk menahan berat di atasnya

Ada beberapa faktor yang dapat mempercepat atau memicu terjadinya sinkhole. Faktor alami, seperti curah hujan yang tinggi atau perubahan pola aliran air, dapat meningkatkan risiko terbentuknya sinkhole dengan mempercepat proses pelarutan batuan di bawah tanah. Selain itu, perubahan lingkungan yang disebabkan oleh aktivitas manusia juga dapat berkontribusi terhadap kejadian ini.

Pencegahan dan Mitigasi Sinkhole

Meskipun tidak mungkin untuk sepenuhnya mencegah terjadinya sinkhole, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko dan dampaknya. Pemantauan geologi dan studi tanah di area yang dikenal rawan sinkhole dapat membantu dalam mengidentifikasi potensi risiko lebih awal.

Selain itu, regulasi konstruksi dan pengelolaan air yang hati-hati dapat membantu meminimalkan dampak aktivitas manusia yang dapat mempercepat proses terbentuknya sinkhole.

Hati-hati saat beraktivitas dan perhatikan sekitar saat di tempat umum ya, Sobat Holopis.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Minim Koordinasi Jadi Alasan Petinggi Kadin Lengserkan Arsjad Rasjid

Sejumlah petinggi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) untuk melengserkan Arsjad Rasjid dari kursi Ketua Umum Kadin Indonesia.

Sri Mulyani Pamitan

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati berpamitan setalah mengikuti sidang kabinet terakhir di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Jumat (13/9) kemarin.

KAI Daop 1 Gelar Lomba Foto Peringati Hari Batik Nasional, Begini Syaratnya

Peringati Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober, PT KAI Daerah Operasi 1 (Daop 1) Jakarta gelar lomba foto. Lomba ini terbuka untuk untuk umum.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru