Senin, 16 September 2024
Senin, 16 September 2024

Nelayan Marunda Siap Kembangkan Sektor Wisata Pesisir

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kelompok nelayan Marunda, Jakarta Utara dilibatkan untuk mengembangkan dan meningkatkan wisata pesisir Jakarta. Sebab, banyak sektor wisata yang dapat diakses menggunakan perahu nelayan di Marunda.

Camat Cilincing, Depika Romadi mengatakan, konsep wisata menyusuri pesisir pantai Jakarta Utara ini berawal dari ide dan inovasi kelompok nelayan Marunda.  

Selain kawasan pesisir yang ikonik, wisatawan juga dapat mengunjungi sejumlah objek wisata menarik lainnya seperti berkeliling di perairan Marunda, Pulau Damar Besar, dan pulau lainya yang dapat diakses menggunakan kapal nelayan yang telah disediakan ke 

“Pengembangan objek wisata dilakukan dengan memberdayakan kapal nelayan sebagai ojek perahu,” ujarnya, saat dihubungi Holopis, Senin (2/9). 

Depika menjelaskan, untuk mendukung program ini para nelayan telah menyiapkan delapan unit kapal yang siap untuk dijadikan transportasi wisata keliling.

“Untuk satu perahu nantinya akan dikelola oleh tiga nelayan,” terangnya.

Selain melibatkan para nelayan, untuk pengembangan wisata di pesisir Jakarta Utara juga akan melibatkan warga setempat sebagai pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). 

“Mereka kita arahkan untuk menjual berbagai produk kuliner, suvenir, dan lainnya. Sehingga, diharapakan pendapatan ekonomi masyarakat setempat ikut meningkat,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk mengembangkan objek wisata ini di kawasan pesisir Jakarta Utara akan dilakukan kolaborasi dengan semua unit kerja terkait agar bisa membantu memfasilitasi baik itu dari segi perizinan dan lainnya. 

“Kami optimistis program pengembangan wisata ini dapat terwujud. Tentunya kami sudah menginventarisasi kebutuhan masyarakat dan merealisasikan usulan dari para nelayan ini,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Koperasi Nelayan Marunda Makmur, Kubil menyampaikan terima kasih kepada pihak Kecamatan Cilincing dan Pemerintah Kota Jakarta Utara yang sudah merespons baik ide dan masukan dari para nelayan. 

“Masih banyak masyarakat yang tidak tahu tentang wisata pesisir Jakarta Utara tersebut. Kami ingin ikut berkontribusi,” ucapnya.

Ia menambahkan, kapal yang dimilikinya mampu menampung 20 orang sehingga bisa disewakan untuk wisata keliling di perairan Marunda, bahkan bisa berkunjung ke Pulau  Damar Besar dan Kecil, Kepulauan Seribu yang jarak tempuhnya hanya 1,5 jam dari Muara Banjir Kanal Timur (BKT), Marunda Kepu. 

“Kapal kami juga bisa disewakan untuk memancing. Kami berharap objek wisata pesisir Jakarta Utara ini bisa lebih dikenal masyarakat luas,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

KPU DK Jakarta Buka Ruang Untuk Warga Kasih Masukan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Khusus...

BMKG Prediksi Cuaca Jakarta di Hari Minggu Berawan Tanpa Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jakarta pada hari ini, Minggu 15 September 2024.

Cek Prakiraan Cuaca Jakarta di Akhir Pekan, Ada Potensi Hujan?

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkait prakiraan cuaca Jakarta hari ini, Sabtu (14/9).
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru