Minggu, 15 September 2024
Minggu, 15 September 2024

Tak Harus Obat, Ini 4 Obat Masuk Angin Alami yang Ampuh

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Masuk angin seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejalanya pun beragam, mulai dari perut kembung, mual, hingga meriang. Biasanya, obat menjadi andalan saat seseorang merasa masuk angin dan tidak nyaman lagi untuk beraktifitas.

Namun untungnya, ada banyak bahan alami di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan gejala masuk angin agar mengurangi asupan minum obat.

Ini dia beberapa cara alami meredakan gejala masuk angin.

1. Jahe

Jahe dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang dapat membantu meredakan peradangan dan nyeri akibat masuk angin. Cara mengonsumsi jahe;

  • Membuat teh jahe: Iris jahe segar, lalu rebus dengan air panas. Tambahkan madu atau lemon untuk menambah rasa.
  • Menambahkan jahe pada makanan: Parut jahe dan tambahkan pada sup, tumisan, atau minuman lainnya.

2. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan gejala masuk angin seperti batuk dan sakit tenggorokan.

Madu juga dapat membantu menenangkan perut yang tidak nyaman. Cara mengonsumsinya sangat mudah, Sobat Holopis cukup mengonsumsi 1-2 sendok makan madu setiap hari.

3. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa aktif yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Kunyit dapat membantu meredakan peradangan pada saluran pencernaan dan mengurangi gejala masuk angin seperti mual dan perut kembung.

Sobat Holopis juga bisa mengonsumsi kunyit dengan cara menambahkannya pada masakan atau membuat minuman kunyit asam.

4. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu melawan infeksi penyebab masuk angin. Selain itu, bawang putih juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kamu bisa mengonsumsi bawang putih dengan cara menambahkannya pada masakan atau mengonsumsi suplemen bawang putih.

Kesimpulannya Sobat Holopis, saat sedang masuk angin, tubuh membutuhkan istirahat yang cukup untuk memulihkan diri.

Selain istirahat, jaga kesehatan dengan minum air putih yang cukup, konsumsi makanan hangat dan hindari keseringan makan makanan berlemak dan pedas.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Minim Koordinasi Jadi Alasan Petinggi Kadin Lengserkan Arsjad Rasjid

Sejumlah petinggi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) untuk melengserkan Arsjad Rasjid dari kursi Ketua Umum Kadin Indonesia.

Sri Mulyani Pamitan

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati berpamitan setalah mengikuti sidang kabinet terakhir di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Jumat (13/9) kemarin.

KAI Daop 1 Gelar Lomba Foto Peringati Hari Batik Nasional, Begini Syaratnya

Peringati Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober, PT KAI Daerah Operasi 1 (Daop 1) Jakarta gelar lomba foto. Lomba ini terbuka untuk untuk umum.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru