Minggu, 15 September 2024
Minggu, 15 September 2024

Sering Diabaikan, Tapi Ini Ternyata Bahaya Mengisi Daya Laptop Semalaman

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Siapa di sini Sobat Holopis yang pernah mengecas laptopnya semalaman? Meskipun banyak orang yang terbiasa mengisi daya laptop semalaman, sudah bukan rahasia umum lagi bahwa kebiasaan ini ternyata menyimpan beberapa risiko yang dapat merusak perangkat kesayangan.

Meskipun tahu, namun masih banyak di antara pengguna laptop yang masih mengecas gadgetnya semalaman karena menganggap enteng dampak negatif yang bisa dialami gadget.

Agar Sobat Holopis lebih berhati-hati, ini dia bahaya utama yang bisa terjadi jika kamu sering mengisi daya laptop semalaman.

1. Baterai Cepat Rusak

Baterai lithium-ion pada laptop memiliki siklus pengisian daya terbatas. Setiap kali baterai diisi penuh dan dikosongkan, siklusnya berkurang. Mengisi daya semalaman membuat baterai terus-menerus dalam kondisi penuh, sehingga siklusnya lebih cepat habis.

Proses pengisian daya menghasilkan panas. Jika laptop terus-menerus dicas dalam waktu yang lama, panas yang dihasilkan dapat merusak sel-sel baterai dan memperpendek umur pakainya.

2. Risiko Kebakaran

Selain baterai, komponen elektronik lain di dalam laptop juga bisa mengalami overheat jika terus-menerus digunakan saat dicas. Panas yang berlebihan dapat menyebabkan komponen-komponen ini rusak dan bahkan memicu kebakaran.

Kabel charger yang berkualitas rendah atau sudah rusak juga bisa menjadi sumber masalah. Jika kabel tersebut mengalami korsleting saat digunakan dalam waktu yang lama, risiko kebakaran akan semakin tinggi.

3. Pemborosan Energi

Setelah baterai terisi penuh, proses pengisian daya akan beralih ke mode trickle charge, yaitu mengisi daya dengan arus yang sangat kecil. Namun, mode ini tetap mengonsumsi energi listrik meskipun jumlahnya sedikit. Mengisi daya semalaman berarti Sobat Holopis membuang-buang energi listrik secara tidak perlu.

Berikut ini Sobat Holopis, cara untuk mengisi daya laptop dengan cara yang benar.

  • Isi Daya Sesuai Kebutuhan
  • Hindari Mengisi Daya Saat Laptop Sedang Dipakai
  • Gunakan Charger Asli
  • Perhatikan Suhu Laptop
  • Lakukan Kalibrasi Baterai Secara Berkala

Dengan mengikuti tips di atas, Sobat Holopisdapat menjaga kesehatan baterai laptop dan memperpanjang umur pakainya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada Kerentanan Siber, Tips Bebas dari Ancaman Spyware dan Ransomware

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Di era digital yang serba cepat...

4 Cara Rawat Baterai Hp Agar Awet

Baterai smartphone adalah salah satu komponen penting yang mempengaruhi pengalaman pengguna.

CFX Sorot Sistem Keamanan Indodax Usai Kena Retas

Bursa Kripto resmi Indonesia atau Commodity Future Exchange (CFX) menyoroti kasus dugaan peretasan sistem transaksi aset Kripto di salah satu pedagang aset kripto lokal, Indodax.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru