Minggu, 15 September 2024
Minggu, 15 September 2024

Jangan Sepele! Ini Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Berminyak

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Makanan berminyak memang lezat dan menggugah selera, apalagi menyantap gorengan di sore hari dengan kopi atau teh. Namun, mengonsumsi gorengan yang berlebihan dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Ini dia catatan yang harus Sobat Holopis ingat, setiap kali akan menyantap dan menikmati gorengan di depan mata, agar lebih berhati-hati.

1. Risiko Obesitas Meningkat

Makanan berminyak umumnya tinggi kalori. Ketika asupan kalori melebihi yang dibutuhkan tubuh, kelebihan kalori akan disimpan sebagai lemak. Akibatnya, berat badan akan bertambah dan risiko obesitas pun meningkat.

Obesitas sendiri dapat memicu berbagai masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung, diabetes, dan gangguan pernapasan.

2. Penyakit Jantung

Lemak jenuh dan lemak trans yang banyak terkandung dalam makanan berminyak dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Kolesterol jahat ini dapat menumpuk di dinding arteri, menyempitkan pembuluh darah, dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung.

3. Gangguan Pencernaan

Konsumsi makanan berminyak berlebihan dapat mengganggu sistem pencernaan. Lemak yang sulit dicerna dapat menyebabkan perut kembung, mual, diare, atau sembelit. Selain itu, makanan berminyak juga dapat memicu terjadinya asam lambung.

4. Peradangan Kronis

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi lemak, termasuk makanan berminyak, dapat memicu peradangan kronis dalam tubuh. Peradangan kronis ini dikaitkan dengan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, kanker, dan penyakit autoimun.

Untuk menjaga kesehatan, sebaiknya batasi konsumsi makanan berminyak dan pilihlah makanan yang lebih sehat ya, Sobat Holopis.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ada Aroma Adu Domba Prabowo dan Gibran, Mulai Fufufafa Hingga Private Jet

Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib Syakur Ali Mahdi Al Hamid menduga ada operasi yang tengah dijalankan oleh kelompok tertentu yang bertujuan untuk mengganggu agenda nasional, khususnya menjalang transisi kepemimpinan Jokowi ke Prabowo.

Menteri Agama Gus Yaqut Bahas Anggaran 2025 dengan Komisi VIII

Kementerian Agama dan Komisi VIII DPR RI mengadakan rapat kerja untuk membahas penyesuaian anggaran 2025. Rapat berlangsung di Gedung Parlemen DPR RI, Jakarta Pusat.

Ruri Repvblik Kecelakaan di Ciamis, Langsung Dilarikan ke RSHS Bandung

Vokalis grup band Repvblik, Ruri Herdian Wantogia mengalami kecelakaan tunggal di kawasan Ciamis, Jawa Barat. Insiden nahas tersebut dialami Ruri pada hari Jumat, 6 September 2024 kemarin sekira pukul 14.00 WIB.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru