Minggu, 15 September 2024
Minggu, 15 September 2024

Aparat Gabungan Gagalkan Penyelundupan 76 Gram Sabu di Pelabuhan Tunon Taka

HOLOPIS.COM, NUNUKAN – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Yonarmed 11 Kostrad, bekerja sama dengan Satuan Tugas Gabungan TNI – Polri kabupaten Nunukan dan Bea Cukai Nunukan, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu di Pelabuhan Tunon Taka, Nunukan, Kalimantan Utara. Upaya penyelundupan dilakukan menggunakan sebuah kaleng susu merk Lactogen kemudian ditemukan saat pemeriksaan di X-Ray pelabuhan tersebut, Sabtu (31/08).

Dalam operasi yang dilaksanakan secara cermat dan teliti, petugas mencurigai sebuah kaleng susu yang akan dikirim melalui pelabuhan. Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam menggunakan alat X-Ray, ditemukan dua paket plastik bening berisi kristal putih yang diduga kuat sebagai narkoba jenis sabu-sabu.

Setelah dilakukan pengujian awal, barang bukti tersebut dipastikan sebagai sabu-sabu dengan berat total bruto mencapai 76 gram. Penggagalan ini menjadi salah satu upaya serius pemerintah dalam memberantas peredaran narkoba, terutama di wilayah perbatasan yang rawan menjadi jalur penyelundupan barang haram tersebut.

Komandan Satgas Pamtas Yonarmed 11, Letkol Arm Gde Adhy Surya Mahendra, menyatakan bahwa keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras dan sinergi antara TNI, Polri, dan instansi terkait dalam menjaga keamanan perbatasan negara. 

“Kami terus memperketat pengawasan di wilayah perbatasan, khususnya di titik-titik strategis seperti pelabuhan dan bandara, untuk mencegah masuknya barang-barang ilegal termasuk narkoba,” ujar Letkol Arm Gde Adhy Surya Mahendra.

Saat ini barang bukti telah diamankan ke Polsek Kawasan Pelabuhan Polres Nunukan untuk penyelidikan lebih lanjut. Pihak kepolisian akan terus mendalami kasus ini guna mengungkap jaringan penyelundup yang terlibat. 

“Kami akan terus meningkatkan kewaspadaan dan bekerja sama dengan semua pihak terkait demi menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perbatasan,” tambahnya. 

Keberhasilan ini menunjukkan pentingnya kerjasama lintas sektor dalam memerangi peredaran narkoba yang mengancam generasi muda dan kestabilan negara.

Kapendam VI/Mulawarman Kolonel Kav Kristiyanto membenarkan kejadian tersebut saat dikonfirmasi ditempat terpisah.

“Satgas Yonarmed 11 Kostrad kembali berhasil  menggagalkan upaya penyelundupan narkoba bersama satgas gabungan TNI-Polri di wilayah perbatasan Nunukan, kejadian tersebut sudah dilaporkan kepada Pangdam VI/Mulawarman, dan berharap para Prajurit Yonarmed 11 Kostrad terus berkolaborasi dengan unsur-unsur terkait di perbatasan untuk selalu waspada dan bersama-sama menjaga keamanan serta ketertiban di wilayah perbatasan RI-Malaysia,” tuturnya. 

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Penulis : Rizkia Danun

Editor : N/A

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kepala Desa Runtu Diseret Warga dan Diusir dari Kantor

Seorang Kepala Desa bernama Julian Syahri diseret warganya sendiri saat berada di ruangan kantorna di Desa Runtu, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah.

Satgas Yonarmed 11 Kostrad Gagalkan Penyelundupan Miras dan Kosmetik Ilegal

HOLOPIS.COM, NUNUKAN - Prajurit Satuan Tugas Pengamanan Perbatasaan RI-Malaysia,...

PDIP Usung Rendi Susiswo-Edy Tarmo di Pilkada Balikpapan 2024

HOLOPIS.COM, BALIKPAPAN - Partai PDIP resmi mengusung Rendi Susiswo...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru