Sabtu, 14 September 2024
Sabtu, 14 September 2024

Bupati Aep Turunkan Alat Berat Canggih untuk Atasi Abrasi di Pesisir Karawang

HOLOPIS.COM, KARAWANG – Bupati Karawang, Aep Syaepuloh turun langsung ke lapangan untuk meninjau penggunaan alat berat jenis Excavator Amphibi di pesisir laut Ciparage, Kecamatan Tempuran, Kamis sore, (29/8).

Langkah ini diambil sebagai upaya penanganan abrasi yang semakin mengancam wilayah pesisir tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Aep menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Karawang telah menginvestasikan pembelian alat berat canggih ini sebagai bagian dari upaya mengatasi abrasi yang selama ini menjadi momok bagi masyarakat setempat.

“Excavator Amphibi ini adalah alat berat serba guna yang dapat dioperasikan di berbagai medan, termasuk rawa, sungai, daratan dangkal, dan wilayah basah lainnya. Alat ini juga mampu beroperasi di atas air,” ujar Bupati Aep seperti dikutip Holopis.com, Jumat (30/8).

Selain meninjau penggunaan alat berat, Bupati Aep juga mendengarkan langsung keluh kesah warga Ciparage yang selama bertahun-tahun hidup dalam ketidakpastian akibat abrasi yang terus menggerus garis pantai. Warga setempat mengaku bahwa upaya sederhana seperti memasang karung berisi pasir seringkali tidak cukup untuk menahan laju abrasi yang disebabkan oleh gelombang laut.

Bupati Aep menyatakan bahwa berbagai langkah jangka pendek dan jangka panjang telah disiapkan untuk mengatasi masalah ini.

“Kami telah menyiapkan beberapa langkah, termasuk penggunaan alat berat untuk mengeruk, membersihkan, serta membuat sistem pengendalian saluran air,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bupati Aep juga menegaskan bahwa alat berat ini akan digunakan untuk menangani masalah abrasi di daerah pesisir Karawang lainnya yang menghadapi ancaman serupa.

“Berdasarkan data yang ada, bukan hanya Ciparage yang mengalami masalah abrasi. Beberapa daerah pesisir lainnya juga terdampak. Insya Allah, kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk menanggulanginya,” tandas Bupati Aep.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Karawang Pecahkan Rekor Dunia dengan Peta Terbesar dari Nasi Tumpeng

Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Karawang yang ke-391, sebuah prestasi membanggakan berhasil ditorehkan.

Polisi Buru Pemalak Kedai Ayam Goreng Bekasi

HOLOPIS.COM, KOTA BEKASI - Kapolsek Jatisampurna Iptu Didik Tri...

Libur Maulid Nabi Muhammad SAW, Dishub Kota Bekasi Siagakan Personil

HOLOPIS.COM, BEKASI - Selama musim libur Maulid Nabi Muhammad...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru