Sabtu, 14 September 2024
Sabtu, 14 September 2024

Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cegah Dehidrasi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bengkuang merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang lezat untuk disantap kapan pun, karena memang mengandung air dan menyegarkan.

Selain itu, bengkuang juga kaya akan vitamin, protein, karbohidrat, kalium, magnesium dan fosfor. Nutrisi tersebut dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh.

Berikut ini kandungan nutrisi hingga manfaat bengkuang bagi kesehatan tubuh, seperti dikutip Holopis.com dari Halodoc :

Pada bengkuang, salah satu kandungan yang baik adalah serat. Jumlahnya berkisar 5 gram per 100 gram bengkuang. Angka tersebut sudah mencukupi 10 hingga 15 persen kebutuhan serat harian tubuh.

Selain serat, ada juga kandungan nutrisi lainnya yang terkandung pada 100 gram bengkuang.

  • Kalori sebanyak 40 kilo kalori
  • Vitamin C sebanyak 20 miligram
  • Protein sebanyak 0.7 gram
  • Karbohidrat sebanyak 8.8 gram
  • Kalsium sebanyak 12 gram
  • Magnesium sebanyak 12 gram
  • Kalium sebanyak 200 miligram
  • Fosfor sebanyak 18 miligram
  • Zinc sebanyak 0.16 miligram

Manfaat Bengkuang bagi Kesehatan Tubuh

  1. Mencerahkan Kulit

Bengkuang diyakini bermanfaat baik bagi kulit, dimana kandungan vitamin C sebagai antioksidan mampu merawat kulit, membuat kulit menjadi lebih cerah, dan mencegah masalah pada kulit.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang ada pada bengkuang diyakini bisa melancarkan sistem pencernaan. Asupan tersebut dapat melunakkan tekstur tinja, sehingga lebih mudah bergerak melalui saluran pencernaan.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Serat yang ada pada bengkuang efektif menjaga sekaligus meningkatkan fungsi organ jantung. Nutrisi tersebut mampu mencegah dan mengurangi jumlah kolesterol yang menumpuk di aliran darah.

  1. Bisa Cegah Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi ketika cairan tubuh kehilangan banyak cairan. Seharusnya, tubuh memiliki kandungan air sebanyak 55 hingga 80 persen dari total berat badan keseluruhan. Namun, ketika tubuh mengalami dehidrasi, volume dan tekanan darah juga akan menurun.

Nah, bengkuang merupakan makanan yang mengandung lebih dari 85 persen air yang efektif mengatasi dehidrasi. Tak hanya merasa kenyang karena kandungan seratnya, jenis umbi-umbian ini juga mampu mencegah haus dan menggantikan cairan tubuh yang hilang.

  1. Bisa Mengurangi Berat Badan

Kandungan kalori dalam bengkoang relatif rendah, yakni berkisar 40 kalori per 100 gramnya. Dengan kombinasi karbohidrat dan serat di dalamnya, bengkoang mampu membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Oleh sebab itu, bengkuang merupakan makanan efektif untuk mengurangi berat badan karena dapat mencegah peserta diet makan dalam jumlah berlebihan.

Temukan kami juga di Google News dengan klik ikon bintang. Atau kamu bisa follow WhatsApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.

Kemenkes Bakal Vaksinasi Mpox

WHO dan BPOM sepakat akan memberikan vaksinasi cacar ,monyet atau Mpox di Indonesia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula Indonesia

Berita Terbaru