Sabtu, 14 September 2024
Sabtu, 14 September 2024

Jelang IAF di Bali, Jokowi Waspadai Penyebaran Mpox dari Delegasi Afrika

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar kementerian/lembaga di Indonesia mewaspadai penyebaran wabah virus cacar monyet atau monkey pox (Mpox), menyusul gelaran Indonesia-Africa Forum (IAF) di Bali pada 1-3 September 2024.

Jokowi menyebut, Indonesia dalam gelaran tersebut akan mengundang 51 negara, dimana 22 negara di antaranya merupakan negara dari kawasan Afrika yang merupakan kawasan dengan jumlah kasus Mpox paling banyak.

“Saya minta betul-betul ada upaya preventif khususnya bagi para delegasi yang berasal dari Afrika,” kata Jokowi saat membuka ratas bersama sejumlah menteri dan kepala lembaga negara, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (27/8).

Jokowi meminta agar seluruh persiapan perhelatan IAF tersebut dilakukan dengan sebaik mungkin, mengingat badan kesehatan dunia alias WHO telah menetapkan Mpox sebagai perhatian khusus akan kesehatan global, yang mana penetapan ini merupakan yang kedua kalinya.

Oleh sebab itu, kata dia, pengawasan di pintu-pintu masuk kedatangan internasional perlu dilakukan dengan kerja sama antara Kementerian Kesahatan (Kemenkes) dan Kementerian atau Lembaga (K/L) lainnya.

Jokowi pun meminta pengalaman Indonesia dalam menghadapi pandemi virus corona (covid-19) dapat menjadi rujukan penanganan terhadap penyakit yang kini menjadi wabah di dunia.

“Sehingga saya minta segera diminta protokol kesehatan dan disosialisasikan secara masif mengenai ini,” ujar Jokowi.

Temukan kami juga di Google News dengan klik ikon bintang. Atau kamu bisa follow WhatsApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.

Kemenkes Bakal Vaksinasi Mpox

WHO dan BPOM sepakat akan memberikan vaksinasi cacar ,monyet atau Mpox di Indonesia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula Indonesia

Berita Terbaru