Wapres Tegaskan PKB Jadi Gerakan Politik Kiai untuk Kepentingan Bangsa

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin memandang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai sebuah gerakan politik para kiai. Hal itu disampaikannya dalam acara pembukaan Muktamar VI PKB di Bali, Sabtu (24/8).

Namun ditegaskan olehnya, bahwa gerakan itu bukan untuk kepentingan kalangan kiai, melainkan untuk kepentingan seluruh elemen bangsa dan negara.

“Jadi, PKB itu politiknya ikut kiai, ikut nasihat kiai, ikut petunjuk kiai. Makanya, dinamakan gerakan politik kiai, ‘harakah siyasiyah kiyaiyah’. Tapi, gerakan politik kiai itu bukan untuk kepentingan kiai, tapi untuk kepentingan seluruh bangsa dan negara,” kata Wapres, seperti dikutip Holopis.com.

Wapres Ma’ruf kemudian menyebutkan, bahwa PKB yang didirikan pada 26 tahun lalu memang bertujuan untuk menampung aspirasi kaum Nahdliyin, yang tak lain adalah warga Nahdlatul Ulama (NU).

Saat itu, lanjutnya, para kaum Nahdliyin ingin memiliki partai yang membawa aspirasi mereka bagi bangsa dan negara. Namun seiring waktu, pendukung PKB bukan hanya anggota NU, melainkan seluruh kelompok.

“Politik PKB adalah politik rahmatan lil ‘alamin, politik untuk semua golongan. Tadi juga Pak Muhaimin bilang begitu, ya. Bukan rahmatan lil nahdliyyin, tapi rahmatan lil ‘alamin. Makanya, yang mendukung PKB itu bukan hanya orang NU,” kata Wapres.

Sebagai informasi Sobat Holopis, bahwa Muktamar VI PKB menetapkan KH Ma’ruf Amin sebagai Dewan Syura PKB periode 2024 – 2029.

Dalam Muktamar yang akan berlangsung selama 2 hari itu, memperlihatkan sebuah video rapat para kiai yang mengusulkan sekaligus menyetujui mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu sebagai Ketua Dewan Syura PKB.

Selain menetapkan Ma’ruf Amin, Muktamar VI PKB juga menetapkan Cak Imin untuk menjabat kembali sebagai Ketua Umum PKB periode 2024-2029.

Temukan kami juga di Google News dengan klik ikon bintang. Atau kamu bisa follow WhatsApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.
Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Prabowo Subianto Ogah Pusingkan Polemik Fufufafa

Partai Gerindra mengungkapkan sikap Prabowo Subianto atas unggahan akun media sosial Kaskus 'Fufufafa' yang sedang viral belakangan ini.

Nawawi Sindir Jokowi, Tak Pernah Undang Bahas KPK Kecuali soal Hakordia

Komitmen pemberantasan korupsi Presiden Joko Widodo (Jokowi) disindir Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango.

Gerindra Bantah Prabowo Sudah Panggil Calon Menterinya : Baru Profiling

Partai Gerindra merasa heran dengan sejumlah kabar bahwa Prabowo Subianto telah melakukan finalisasi terhadap calon menteri yang akan bergabung di kabinetnya.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru