Jangan Sepele, Ini 4 Alasan Mengapa Bau Ketiak Menghampiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Netizen saat ini sedang heboh membahas bau ketiak. Meskipun memalukan, namun ini adalah masalah umum yang dialami banyak orang, dan sering kali bisa menjadi sumber ketidaknyamanan atau rasa malu.

Meskipun mungkin tampak sepele, bau ketiak bisa menjadi tanda adanya masalah yang lebih dalam atau kebiasaan sehari-hari yang perlu diperhatikan.

Ini alasan mengapa Sobat Holopis kemungiknan dilanda bau badan, sehingga bisa dihindari.

1. Aktivitas Bakteri di Ketiak

Bau ketiak sering kali disebabkan oleh aktivitas bakteri yang berkembang biak di area ketiak. Ketiak merupakan area tubuh yang hangat dan lembap, menciptakan lingkungan ideal bagi bakteri untuk tumbuh.

Ketika bakteri ini memecah keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar apokrin (kelenjar keringat di area ketiak), mereka menghasilkan senyawa bau yang menyebabkan bau tidak sedap.

2. Diet dan Pola Makan

Apa yang Sobat Holopis makan bisa memengaruhi bau tubuh. Beberapa makanan dan minuman dapat menyebabkan bau ketiak menjadi lebih kuat. Makanan dengan bau tajam, seperti bawang putih, bawang merah, dan rempah-rempah tertentu, dapat menghasilkan senyawa sulfur yang dikeluarkan melalui keringat dan menyebabkan bau yang tidak sedap.

3. Hormon dan Kondisi Kesehatan

Perubahan hormon dapat memengaruhi produksi keringat dan bau tubuh. Misalnya, saat masa pubertas, kehamilan, atau menopause, produksi keringat bisa meningkat, dan perubahan hormon bisa memengaruhi komposisi keringat.

Beberapa kondisi kesehatan, seperti diabetes atau gangguan tiroid, juga dapat menyebabkan perubahan dalam bau tubuh.

4. Kebiasaan Hidup dan Pakaian

Kebiasaan sehari-hari dan jenis pakaian yang dikenakan juga dapat berkontribusi pada bau ketiak. Pakaian yang tidak menyerap keringat dengan baik atau terbuat dari bahan sintetis dapat membuat ketiak tetap lembap, meningkatkan kemungkinan pertumbuhan bakteri.

Selain itu, kebiasaan mandi yang tidak rutin atau penggunaan produk yang tidak cocok dengan kulit juga dapat memperburuk masalah bau.

Dengan memahami penyebab di balik bau ketiak, Sobat Holopis dapat mengambil langkah-langkah yang lebih efektif untuk mengatasinya dan meningkatkan kenyamanan serta rasa percaya diri.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ibu Hamil Delapan Bulan Bisa Kok Naik Pesawat, Begini Caranya

Di Indonesia, syarat dan ketentuan untuk ibu hamil yang ingin naik pesawat telah diatur oleh berbagai maskapai penerbangan.

Pesawat Jet Berpenumpang Sukses Mendarat Perdana di Bandara IKN

Pendaratan perdana pesawat jet berpenumpang di Bandara IKN Nusantara, Kalimantan Timur, berlangsung mulus dan selamat pada hari Kamis (12/9).

Diserang Hacker, Indodax Tebar Duit Rp 3 Juta Tiap 1 Jam

Platform trading kripto, Indodax, tengah menjadi sasaran para hacker. Hal tersebut berdasarkan laporan yang dibagikan oleh Cyvers Alert.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru