MRT Jakarta Ubah Pola Disiplin Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kehadiran Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta tak hanya menambah fasilitas transportasi modern di ibu kota. MRT juga membawa perubahan signifikan dalam budaya kedisiplinan masyarakat.

Hal ini menjadi salah satu catatan penting yang ditunjukkan dalam buku berjudul “Membangun MRT: Pengalaman Kepemimpinan William Sabandar”. Perubahan tersebut terutama dalam mengubah kebiasaan masyarakat Jakarta menjadi lebih tertib dan disiplin.

“Dalam satu bulan, ketidakaturan, dan ketidakdisiplinan penumpang MRT langsung berubah menjadi teratur dan berdisiplin. Saya berkesimpulan, MRT Jakarta bukan sekedar membangun infrastruktur transportasi publik, tetapi mengubah kultur masyarakat,” kata mantan Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar kepada Holopis.com di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Rabu (21/8).

“Sebelumnya tidak berdisiplin menjadi disiplin. Ini tantangannya dan ternyata bisa (saat MRT hadir),” ujarnya dalam acara peluncuran buku “Membangun MRT: Pengalaman Kepemimpinan William Sabandar”.

Apresiasi terhadap perubahan budaya ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Melalui tayangan video saat acara, ia menjelaskan MRT telah memberikan rasa aman, nyaman, dan efisien bagi publik.

“Saya memberikan apresiasi kepada pak William Sabandar yang telah berhasil memimpin MRT dengan hasil yang membanggakan,” ujar Budi Karya

PT MRT Jakarta yang didirikan 17 Juni 2008, kini menjadi moda transportasi kelas dunia yang dimiliki Jakarta. Di bawah kepemimpinan William Sabandar, berbagai tantangan besar berhasil diatasi. Ini termasuk penyelesaian masalah pembebasan tanah dan pembangunan konstruksi stasiun MRT. Pada Maret 2019, fase pertama rute Lebak Bulus-Bundaran HI resmi beroperasi.

MRT juga membawa perubahan besar dalam kehidupan masyarakat Jakarta. MRT memperkenalkan budaya transportasi publik yang tepat waktu, bersih, nyaman, aman, serta menghargai disabilitas dan penumpang prioritas.

Dalam bukunya setebal 432 halaman, William membagikan pengalaman enam tahun memimpin PT MRT Jakarta. Buku ini juga diberi pengantar oleh sejumlah tokoh penting.

Mereka di antaranya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil. Ketua Umum Kadin M. Arsjad Rasjid, serta Direktur Utama PT MRT Jakarta saat ini, Tuhiyat, juga memberikan pengantarnya.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Diserang Hacker, Indodax Tebar Duit Rp 3 Juta Tiap 1 Jam

Platform trading kripto, Indodax, tengah menjadi sasaran para hacker. Hal tersebut berdasarkan laporan yang dibagikan oleh Cyvers Alert.

Peretas Berulah, Bappebti Imbau Pelanggan Indodax Tenang

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi...

RESEP : Gado-gado, Salad Khas Indonesia yang Gurih dan Manis

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gado-Gado adalah salah satu hidangan salad...
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru