Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024

Google Doodle Pajang Rendang, Rayakan Apa?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Google doodle hari ini menampilkan sebuah makanan khas asal Indonesia, yakni rendang yang kaya akan rempah-rempah.

Tak hanya di Indonesia, rendang juga menjadi Google doodle untuk pencarian di Selandia Baru, Australia, Polandia, Singapura, dan Inggris.

Pada halaman utama Google, Google juga turut menampilkan bahan-bahan yang untuk membuat rendang, seperti serai, cabe, kelapa, jahe, hingga bawang putih.

Adapun maksud Google menampilkan rendang di halaman utamanya adalah untuk memperingati acara memasak rendang secara daring yang terbesar sepanjang masa pada 21 Agustus 2021.

Adapun saat itu, acara yang digelar oleh Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi tersebut masuk dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai acara memasak rendang terbesar di dunia.

Kegiatan tersebut melibatkan 2.814 peserta dari berbagai negara di Asia, Amerika, Afrika, Australia, hingga negara-negara di Eropa. Acara itu juga diikuti oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo.

Sekarang ini, rendang juga telah diakui sebagai hidangan nasional Indonesia dan telah ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Pada 2018, rendang juga ditetapkan sebagai Makanan Nusantara oleh Kementerian Pariwisata, bersama dengan aneka kuliner lokal lainnya seperti soto, sate, gado-gado, dan nasi goreng.

Kepopuleran rendang tak hanya di Indonesia, Google menyatakan, bahwa makanan khas Minangkabau ini menjadi makanan populer di negara lain, seperti Malaysia dan Singapura.

Bahkan berbagai menerapkan hidangan klasik ini. Misalnya, Filipina menggunakan bumbu asli yang dicampur dengan palapa dan ditambahkan gula muscovado.

Google menyebut, bahwa rendang sudah ditemukan sejak abad ke-16, dengan mengadopsi teknik pembuatan kari dengan menggunakan bumbu dan santan yang diolah hingga mengental.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

KAI Catat Peningkatan Volume Kendaraan Parkir di Lima Stasiun

PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) melalui KAI Service mencatat adanya peningkatan kendaraan di area parkir stasiun. Setidaknya selama bulan Agustus 2024, peningkatan terjadi di sebanyak lima stasiun yakni Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bandung Selatan, Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Bandung Utara.

Kurangi Ketergantungan Cloud Global, Sidik Cyber Tawarkan Security System dengan TKDN Tinggi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - CEO Sidik Cyber, Yonathan Yeremia memberikan...

Waspada Kerentanan Siber, Tips Bebas dari Ancaman Spyware dan Ransomware

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Di era digital yang serba cepat...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru