NewsEkobizBI Lagi-lagi Tahan Suku Bunga di 6,25 Persen

BI Lagi-lagi Tahan Suku Bunga di 6,25 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia kembali menahan laju suku bunga acuan atau BI Rate di level 6,25 persen. Kemudian untuk suku bunga deposit facility juga tetap 5,5 persen, dan suku bunga lending facility 7 persen.

Gubernur BI, Perry Warjiyo menjelaskan, keputusan tersebut diambil pihaknya dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) yang berlangsung pada 20-21 Agustus 2024.

“Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 20 dan 21 Agustus 2024 memutuskan untuk mempertahankan BI Rate sebesar 6,25 persen,” ujar Perry dalam konferensi pers hasil RDG BI, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (21/8).

Perry menuturkan, keputusan menahan suku bunga acuan itu konsisten dengan fokus kebijakan moneter yang pro-stability, yang mendukung stabilisasi nilai tukar rupiah serta langkah preemptive dan forward looking untuk memastikan inflasi tetap terkendali di kisaran 1,5 – 3,5 persen.

Sementara itu, kebijakan makroprudensial dan sistem pembayaran juga tetap pro-growth untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkelanjutan.

Kebijakan makroprudensial longgar, kata dia terus ditempuh untuk mendorong kredit pembiayaan perbankan kepada dunia usaha dan rumah tangga. Ia pun menyebut, kebijakan sistem pembayaran diarahkan untuk memperkuat keandalan infrastruktur dan penguatan struktur sistem pembayaran.

“BI terus memperkuat bauran kebijakan moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran untuk menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di tengah masih berlanjutnya risiko di tengah pasar keuangan global,” pungkas Perry.

Ruang Mula

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Soal Jatah Tambang Muhammadiyah, Bahlil Janjikan yang Terbaik

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia berjanji untuk memberikan lokasi pertambangan bekas perjanjian karya pengusahaan pertambangan batu bara (PKP2B) yang terbaik bagi Muhammadiyah.

Kemenkeu Sudah Siapkan Anggaran Jika Ada Kementerian Baru

Wakil Menteri Keuangan II, Thomas Djiwandono menyebut pihaknya di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah melakukan berbagai upaya antisipasi dalam menyusun APBN 2025.

Update Harga Pangan Hari Ini : Beras Stabil, Cabai Turun

Harga sejumlah bahan pangan di tingkat eceran bergerak cukup bervariatif pada perdagangan hari ini, Kamis 12 September 2024.

Sempat Pecah Rekor, IHSG Ditutup di Level 7.798,15

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini berhasil ditutup di zona hijau pada akhir perdagangan hari ini, Kamis 12 September 2024, meskipun penguatannya tidak setinggi di awal perdagangan yang sempat memecahkan rekor tertinggi.