Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024
NewsEkobizSri Mulyani Beber Alasan Anggaran IKN Tahun Depan Cuma Rp 143,1 Miliar

Sri Mulyani Beber Alasan Anggaran IKN Tahun Depan Cuma Rp 143,1 Miliar

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, bahwa anggaran pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam Rancangan APBN 2025 hanya sebesar Rp143,1 miliar.

Namun ia menekankan, bahwa anggaran untuk IKN tersebut merupakan anggaran dasar (baseline), yang tentunya dapat disesuaikan oleh presiden terpilih Prabowo Subianto, sesuai dengan prioritas.

“Semuanya baseline (termasuk anggaran IKN), karena untuk memberikan otoritas kepada Presiden terpilih untuk menentukan sesuai dengan prioritas kabinetnya,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (16/8).

Alokasi anggaran untuk pembangunan IKN tersebut terbilang kecil. Pasalnya, pagu program infrastruktur dalam RAPBN 2025 mencapai Rp400,3 triliun, dimana di dalamnya termasuk program pembangunan IKN.

Namun, Bendahara Negara itu kembali menekankan, bahwa pemerintah berikutnya yang dalam hal ini pemerintahan Prabowo-Gibran memiliki keleluasaan untuk menetapkan anggaran program prioritas mereka, termasuk soal IKN.

“Bagaimana alokasinya? Melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau Otorita IKN? Itu berdasarkan kesiapan institusinya,” katanya.

Sebagai informasi, bahwa pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengalokasikan anggaran pembangunan IKN senilai Rp75 triliun sepanjang tahun anggaran 2022-2024.

Realisasi anggaran IKN di tahun 2022 tercatat sebesar Rp5,5 triliun. Kemudian meningkat signifikan di tahun 2023 menjadi Rp27 triliun. Sementara di 2024 yang kini berjalan, alokasi anggaran untuk IKN mencapai Rp42,5 triliun.

Adapun untuk tahun depan, kabinet Jokowi menetapkan anggaran infrastruktur senilai Rp400,3 triliun yang akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur di berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, konektivitas, pangan, energi, serta pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tingkatkan Ekspor, Kemendag Kembali Akan Gelar TEI

HOLOPIS.COM, TANGERANG - Kementerian Perdagangan RI akan kembali menggelar Trade...

Luhut Targetkan Regulasi Family Office Rampung Sebelum Jokowi Lengser

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan regulasi pembentukan family office di Indonesia rampung sebelum masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berakhir.

Luhut Incar 28 Ribu Orang Super Tajir Masuk Family Office RI

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan melihat family office sebagai sebuah peluang emas bagi Indonesia untuk meningkatkan investasi.

Wacana Pemangkasan Suku Bunga The Fed, Apa Untungnya Bagi RI?

Bank Sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve alias The Fed dikabarkan bakal menurunkan suku bunga acuannya untuk pertama kali sejak 2020 silam, pada Rabu (18/9) besok.