Ternyata Kacang Kenari Banyak Manfaatnya loh, Gak Percaya?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kacang kenari dinilai memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh kita, sebab kaya akan nutrisi. Bahkan, kacang kenari disebut lebih memiliki kandungan omega 3 lebih tinggi ketimbang jenis kacang lainnya.

Maka dari itu, kacang kenari memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti hal nya bisa menurunkan kolestrol, mencegah tekanan darah tinggi bahkan hingga bisa menjaga kinerja organ jantung.

Berikut ini kandungan serta manfaat kacang kenari, seperti dikutip Holopis.com dari Alodokter :

Kandungan Dalam 1 ons Kacang Kenari

  • Kalori: 185 kal
  • Lemak tak jenuh tunggal: 2,5 gram
  • Protein: 4,3 gram
  • Karbohidrat: 3,9 gram
  • Serat: 1,9 gram

Selain kandungan di atas, dari 1 ons kacang kenari juga dapat memenuhi 3% kebutuhan kalsium, 10% kebutuhan zat besi, 5% kebutuhan kalium, 14% kebutuhan magnesium, dan 7% kebutuhan folat harian pada rata-rata orang dewasa.

Sejumlah Manfaat Kacang Kenari

  1. Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Omega 3 yang tinggi dalam kacang kenari dinilai mampu menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) yang bisa menumpuk dan menyumbat dinding pembuluh darah hingga memicu tekanan darah tinggi maupun penyakit jantung.

Kandungan kalium dan magnesium dalam kacang kenari juga bisa menjaga kinerja jantung.

  1. Mengontrol Berat Badan

Kacang kenari tinggi akan serat, sehingga bisa membuat kenyang lebih lama apabila makan dalam jumlah yang cukup. Mengonsumsi kacang kenari cocok untuk mengontrol berat badan.

  1. Mencegah Diabetes Tipe 2

Selain mengontrol berat badan, kacang kenari ternyata bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2, karena kandungan serat di dalamnia mampu mencegah penyerapan gula berlebihan di saluran pencernaan, sehingga kadar gula darah bisa tetap stabil

  1. Meningkatkan Kinerja Otak

Kacang kenari mengandung senyawa yang bersifat antioksidan dan antiradang. Konsumsi kacang ini secara rutin dalam jumlah yang cukup dipercaya dapat meningkatkan memori dan kemampuan berpikir.

Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang kenari selama 10 bulan dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar secara signifikan. Namun, hal ini masih perlu dikonfirmasi dengan penelitian klinis pada manusia.

  1. Mendukung Kesehatan Reproduksi Pria

Kacang kenari diketahui mengandung berbagai nutrisi penting yang mampu menjaga kualitas sperma. Sebuah penelitian terhadap pria dewasa menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi kacang kenari dapat meningkatkan kualitas sperma. Namun, manfaat ini masih memerlukan uji coba lebih lanjut.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.

Kemenkes Bakal Vaksinasi Mpox

WHO dan BPOM sepakat akan memberikan vaksinasi cacar ,monyet atau Mpox di Indonesia.

Manfaat Buah Kelengkeng bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui

Buah kelengkeng merupakan salah satu buah yang paling digemari, karena memang memiliki rasa yang manis dan lezat.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru