Manfaat Konsumsi Kacang Merah, Salah Satunya Bisa Kontrol Gula Darah loh

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ternyata mengonsumsi kacang merah banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita loh, salah satunya yaitu bisa mengontrol gula darah sehingga keseimbangan terjaga.

Dikutip Holopis.com dari Alodokter, kacang merah merupakan sumber protein yang rendah lemak. Kemudian, kacang merah juga mengandung karbohidrat, lemak, serat, vitamin B, vitamin K, folat, serta mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, tembaga, mangan, dan zat besi.

Manfaat Konsumsi Kacang Merah Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Bisa Cegah Obesitas

Kacang merah bisa jadi salah satu pilihan makanan yang cocok untuk menjaga berat badan ideal dan mencegah obesitas. Kacang merah kaya akan serat sehingga memberikan efek kenyang lebih lama.

Selain daripada itu, kandungan protein yang terdapat dalam kacang merah juga bisa turut serta memperbaiki metabolisme dalam tubuh, sehingga tubuh bisa membakar kalori lebih efisien lagi

  1. Bisa Jaga Kesehatan Pencernaan

Kacang merah memiliki kandungan serat dan zat pati resisten, dimana hal itu bisa berperan sebagai prebiotik untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik, dan melawan bakteri berbahaya di dalam usus. Jumlah bakteri baik yang seimbang di dalam usus mampu mencegah munculnya gangguan pencernaan.

  1. Bisa Kontrol Gula Darah

Kacang merah memiliki indeks glikemik yang rendah, maka dari itu mampu mengendalikan kadar gula darah yang sekaligus meningkatkan efektivitas kerja insulin di dalam tubuh.

Meski begitu, disarankan untuk menghindari kacang merah kalengan karena memiliki kandungan garam berlebih

  1. Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Kalium yang ada di dalam kacang merah sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat kacang merah dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah sehingga menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

  1. Bisa Cegah Kanker

Serat yang ada pada kacang merah diyakini bisa mencegah pertumbuhan sel kanker yang salah satunya kanker usus besar.

Selain serat, manfaat kacang merah untuk mencegah kanker juga berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.

Kemenkes Bakal Vaksinasi Mpox

WHO dan BPOM sepakat akan memberikan vaksinasi cacar ,monyet atau Mpox di Indonesia.

Manfaat Buah Kelengkeng bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui

Buah kelengkeng merupakan salah satu buah yang paling digemari, karena memang memiliki rasa yang manis dan lezat.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru