Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024

Manfaat Konsumsi Bawang Putih, Salah Satunya Bisa Cegah Penyakit Kanker!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bawang putih bukan sesuatu yang asing di telinga kita, sebab memang kerap dijadikan sebagai bumbu pelengkap masakan. Ternyata, bawang putih memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh loh. Berikut informasi selengkapnya di artikel ini.

Dikutip Holopis.com dari Halodoc, bawang putih memiliki sejumlah nutrisi penting, dimana dalam satu siung bawang putih saja, terdapat mangan, vitamin C, selenium, dan sejumlah kecil serat, kalsium, tembaga, fosfor, zat besi, Vitamin B1, Vitamin B6, dan kalium.

Kemudian, bawang putih juga mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk mencegah berbagai paparan radikal bebas yang bisa memicu gangguan kesehatan.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

  1. Mengatasi Flu

Untuk yang satu ini nampaknya sudah bukan rahasia umum lagi, bawang putih dinilai bisa mengatasi flu.

Bawang putih mentah adalah hasil dari senyawa belerang yang terbentuk ketika bawang ini tercincang, hancur, atau saat kamu kunyah. Salah satu manfaatnya adalah bisa untuk mengatasi flu.

  1. Bisa Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih ternyata bisa meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh serta mengurangi terjadinya intensitas penyakit umum. Contohnya seperti flu dan infeksi sistemik atau kulit lainnya.

  1. Cegah Penyakit Kanker

Bawang putih bisa membantu mencegah penyakit kanker. Kandungannya bagi tubuh dapat menurunkan risiko kanker. Salah satunya kanker usus besar.

Melansir dari American Journal of Epidemiology, kelompok yang kerap mengonsumsi bawang ini yang mentah bersama dengan sayuran dan buah-buahan secara rutin, mampu menurunkan risiko kanker usus besar sebesar 35 persen.

  1. Turunkan Tekanan Darah

Bawang putih sudah lama dipercaya bisa menunrunkan tekanan darah atau hipertensi, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

  1. Bisa Kontrol Kolestrol

Kolesterol menjadi salah satu kebutuhan dalam tubuh. Namun, saat jumlah kolesterol terlalu tinggi, kondisi ini dapat memicu gangguan kesehatan.

Untuk membantu mengontrol kadar kolesterol, kamu bisa mengonsumsi bawang ini. Manfaat bawang putih mampu mengontrol kolesterol dengan menurunkan kadar sebesar 10-15 persen.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.

Kemenkes Bakal Vaksinasi Mpox

WHO dan BPOM sepakat akan memberikan vaksinasi cacar ,monyet atau Mpox di Indonesia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru