Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024

Gudang Penggilingan Padi Terbakar Akibat Korsleting Listrik

HOLOPIS.COM, MAGETAN – Sebuah gudang penggilingan padi di Magetan, Jawa Timur, terbakar hebat. Si Jago Merah mengamuk diduga akibat korsleting pada instalasi kelistrikan di area itu, hingga menyambar puluhan glangsing gabah kering yang siap digiling, Jumat (16/8) sore.

Lantaran seisi gudang merupakan barang mudah terbakar, api pun lekas membesar. Gudang dan ratusan kuintal gabah kering tak terselamatkan dari amukan api.

Menyadari kenyataan itu, pemilik gudang, Sujar, warga Kelurahan Sukowinangun, Kecamatan Magetan, langsung pingsan. Api makin berkobar liar, menyambar sisi-sisi gudang hingga semua musnah.

“Yang bersangkutan (pemilik gudang) belum bisa ditanyai. (Masih) pingsan. Posisi kebakaran selepan (penggilingan) padi ada di Selatan atau belakang Kantor Satpol PP. Jalan tembus Timur Pasar Sayur,” sebut Jarot Eka, Kasi Pencegahan Kantor Satpol PP dan Damkar Kabupaten Magetan seperti dikutip Holopis.com.

Awalnya, sebelum tiba unit Damkar, warga setempat berupaya melakukan pemadaman dengan proses tradisional, namun tak sanggup menyudahi kobaran api.

Sedangkan warga lainnya berusaha menyingkirkan karung berisi gabah yang masih jauh dari api, agar selamat tak turut tersambar api.

“Selain seisi gudang berupa barang mudah terbakar, juga ditopang cuaca panas. Sehingga api terus membesar membakar yang ada di situ,” kata Cahyono, pria yang menyaksikan kebakaran.

Kedatangan 4 unit Damkar milik pemerintah daerah setempat, baru berhasil membungkam kegilaan si jago merah. Sebelum menukik ke area api, jagoan penunduk api itu melakukan pembasahan di sejumlah sisi yang aman, agar api tak menjalar.

Api benar-benar teratasi, ketika petugas Damkar menusuk ke wilayah pusat api dan melakukan pemadaman. Upaya pemadaman dilanjutkan pembasahan, itu untuk memastikan tidak ada potensi kembali munculnya kobaran.

Dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran, menurut petugas Damkar, berasal dari korsleting mesin air sumur di area gudang penggilingan padi itu.

Tidak ada korban jiwa maupun terluka dalam insiden tersebut. Namun, kerugian materiil yang ditanggung korban diperkirakan mencapai sekitar Rp. 500 juta.

Penanganan selanjutnya dilakukan penyelidikan oleh aparat kepolisian setempat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kurang Hati-hati, Pemotor Hendak Belok Ditabrak dari Belakang

Seorang pengendara sepeda motor yang hendak berbelok, tiba-tiba ditabrak pemotor dari arah belakangnya. Kedua pihak yang terlibat kecelakaan bernasib serupa, keduanya ndlosor alias tersungkur di Jl. Raya Solo.

Kereta Api Sambar Truk di Lintasan Dua Spoor Terbuka, Sopir dan Kernet Kritis

Kereta Api Argo Semeru jurusan Surabaya - Jakarta yang melesat cepat, menyambar sebuah truk di lintasan dua spoor terbuka di Desa Keras Wetan, Kecamatan Geneng, Ngawi, Jawa Timur, Sabtu (7/9).

Duda Muda Begal Payudara Tertangkap di Magetan

eorang duda muda diduga pelaku begal payudara berhasil ditangkap warga di Magetan, Jawa Timur, Jumat (6/9).
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru