Catat! Ini Pertolongan Pertama Sakit Perut Akibat Makan Pedas

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang pedas salah satunya bisa menyebabkan sakit perut. Jika hal itu terjadi, segera lah melakukan pertolongan pertama.

Dikutip Holopis.com dari Alodokter, menurut dr, Riska Larasati, pertolongan pertama untuk meredakan sakit perut karena mengonsumsi makanan pedas yakni dengan mengonsumsi obat untuk menetralisir asam lambung, semisal antasida.

“Keluhan yang terjadi berupa nyeri perut tersebut dapat disebabkan oleh karena konsumsi makanan pedas yang dapat menyebabkan peningkatan asam lambung. Asam lambung yang meningkat tersebut dapat menyebabkan nyeri ulu hati, dada terasa terbakar, sendawa, tenggorokan terasa mengganjal, mulut pahit dan sebagainya,” ungkapnya.

“Keluhan sering muncul terutama bila sering mengonsumsi makanan pedas, makanan berminyak, makanan asam, minuman mengandung kafein dan sebagainya,” sambungnya.

“Untuk mengatasi keluhan, pertolongan pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan mengonsumsi obat untuk menetralisir asam lambung misalnya antasida, selain itu juga sebaiknya dapat memposisikan kepala lebih tinggi, mengonsumsi makanan basa, kemudian mengompres hangat pada perut yang nyeri,” tambahnya.

Lebih lanjut, dr Riska mengimbau untuk sebisa mungkin menghindari makanan yang bisa menyebabkan kenaikan asam lambung.

“Sedangkan untuk mencegah keluhan sebaiknya menghindari makanan-makanan yang dapat menyebabkan kenaikan asam lambung. Selain itu bila keluhan tidak kunjung membaik dapat memeriksakan ke dokter,” imbuhnya.

Untuk sobat Holopis sekalian, sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan yang terlalu pedas yah! Atau setidaknya mengonsumsi makanan pedas jangan lah berlebihan.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.

Kemenkes Bakal Vaksinasi Mpox

WHO dan BPOM sepakat akan memberikan vaksinasi cacar ,monyet atau Mpox di Indonesia.

Manfaat Buah Kelengkeng bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui

Buah kelengkeng merupakan salah satu buah yang paling digemari, karena memang memiliki rasa yang manis dan lezat.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru