Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Megawati Ogah Hadiri Upacara HUT RI di IKN

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden ke-5 Indonesia yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri dipastikan tidak akan menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kepastian itu sebagaimana disampaikan oleh Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat. Ia mengatakan, bahwa pimpinannya itu lebih memilih untuk menghadiri upacara HUT RI di sekolah partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

“Ibu Mega diagendakan memimpin upacara 17-an di Sekolah Partai,” ujar Djarot dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (13/8).

Djarot menjelaskan permintaan agar Mega menjadi inspektur upacara merupakan permintaan dari internal partai. Kesempatan itu sekaligus menjadi momen Mega memberi arahan kepada pengurus PDIP menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

“Ya itu permintaan dari bawah supaya Irupnya (Inspektur Upacaranya) langsung Ibu Mega,” ujar Djarot.

Di sisi lain, Djarot enggan memberikan pernyataan lebih lanjut terkait kehadiran Megawati saat Upacara HUT Ke-79 RI di IKN. Saat ditanya hal itu, ia langsung berjalan meninggalkan awak media.

Adapun diketahui, Sekretariat Presiden telah mendistribusikan undangan kepada mantan presiden dan mantan wakil presiden untuk menghadiri agenda Upacara HUT Ke-79 RI pada tanggal 17 Agustus 2024.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana mengatakan, bahwa pihaknya akan secepatnya meminta konfirmasi kehadiran para mantan kepala negara, agar nantinya Setpres dapat mengatur rencana kedatangan mereka dengan sebaik-baiknya.

“Jadi, undangannya kami bagi, undangan yang di Istana Merdeka Jakarta maupun juga undangan di Istana Negara IKN,” kata Yusuf.

Ia menjelaskan, undangan ke Istana Negara IKN disampaikan tak hanya kepada mantan kepala negara, tetapi juga kepada para pimpinan ketua dan wakil lembaga negara, dan para menteri kabinet, Panglima TNI, Kapolri, kepala staf angkatan, hingga tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, hingga tokoh budaya.

Adapun nantinya, calon presiden terpilih pada Pemilu 2024, yakni Prabowo Subianto akan diundang untuk mendampingi Presiden Jokowi saat upacara HUT RI di IKN.

“Di IKN, di dalam itu, kami persiapkan sekitar 1.400 kursi, tetapi juga di depannya tentu kami antisipasi siapkan untuk masyarakat dan para pekerja yang bekerja membangun IKN ini juga akan dihadirkan,” kata Yusuf.

Sementara itu, yang akan hadir di Istana Merdeka Jakarta antara lain Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, serta para mantan wakil presiden di Indonesia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Polres Jaksel Benarkan Nikita Mirzani Jemput Loly untuk Visum

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pasca melaporkan Vadel Badjideh ke Polres Metro Jakarta...

Jerry Massie Sarankan Budi Arie Mundur, Tak Becus Urus Serangan Siber dan Judol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur eksekutif Political and Public Policy...

Habib Syakur Sarankan Rizieq Shihab Tak Perkeruh Suasana

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru