Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ilham Habibie Dorong Pengembangan IKM Karawang di Tengah Tantangan Investor Asing

HOLOPIS.COM, KARAWANG – Bakal Calon Gubernur Jawa Barat dari Partai NasDem, Ilham Akbar Habibie, bersama Asosiasi Pengusaha Engineering Karawang (APEK), melakukan kunjungan ke PT Surya Gemilang Engineering (SGE).

Kunjungan ini bertujuan untuk menyerap potensi yang dimiliki oleh Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Karawang.

Dalam kesempatan tersebut, Ilham Habibie menekankan pentingnya peningkatan kemampuan perusahaan-perusahaan IKM di bidang rekayasa industri. 

Menurutnya, perusahaan-perusahaan tersebut harus mampu memproduksi mesin-mesin yang dapat memenuhi kebutuhan industri baik di tingkat nasional maupun global.

“Perusahaan-perusahaan engineering harus dapat mengembangkan berbagai mesin untuk memenuhi produksi part mesin industri skala nasional dan global, baik dalam hal suplai barang maupun jasa,” ujar Ilham seperti dikutip Holopis.com, Selasa (13/8).

Ilham juga mendorong APEK untuk memperluas jaringan kerjasama, termasuk membangun kemitraan baru serta menggalakkan penelitian di sektor industri.

Ia menyambut baik inisiatif APEK dalam membangun kerja sama proaktif antar industri, baik yang berada di Karawang maupun di luar daerah. Kerja sama ini diharapkan mencakup berbagai aspek, seperti akademik, teknologi terbarukan, dan rekayasa mesin.

APEK merupakan asosiasi yang menaungi perusahaan-perusahaan skala mikro, kecil, dan menengah yang bergerak di bidang rekayasa industri dan manufaktur. 

Ketua APEK, Budi Priatna, menyatakan bahwa Kabupaten Karawang memiliki potensi besar dalam perkembangan IKM, mengingat banyaknya investor asing yang mendirikan pabrik di daerah tersebut.

“Namun, ada ancaman dari investor asing yang masuk dengan modal besar ke Karawang. Ini seharusnya menjadi pasar lokal, namun justru menjadi tantangan bagi IKM di Karawang untuk berkembang,” kata Budi.

Budi juga mengkritik praktik bisnis investor asing yang dinilainya tidak fair, karena mereka lebih mengutamakan vendor dari negara asal mereka. 

Menurut Budi, kelemahan lainnya yang dihadapi oleh IKM di Karawang adalah akses modal yang rendah dan daya saing yang belum optimal, serta belum adanya sentra UMKM yang terintegrasi.

Dalam diskusi dengan Ilham Habibie, Budi menyampaikan harapan agar APEK dan pemerintah dapat bekerja sama untuk mengembangkan industri kecil menengah di Karawang, sehingga dapat bersaing dan berkembang di tengah tantangan yang ada.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kang Dedi Mulyadi dan Acep-Gina Ikut Semarakkan Pagelaran Budaya di Karawang

HOLOPIS.COM, KARAWANG - Bakal Calon Gubernur Jawa Barat, Dedi...

Kebakaran Terjadi di Pasar Tambun Kabupaten Bekasi

HOLOPIS.COM, BEKASI - Terjasi kebakaran yang melanda Pasar Tambun...

Bocah Lima Tahun Diduga Jadi Korban Pelecehan Pemilik Warung Di Bekasi 

HOLOPIS.COM, BEKASI - Aksi pencabulan diduga dilakukan seorang penjaga...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru