Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

HUT Mahkamah Konstitusi ke-21 pada 13 Agustus Diisi Berbagai Kegiatan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – HUT MK (Mahkamah Konstitusi) ke-21, diperingati pada tanggal 13 Agustus. Pembentukan MK, berdasarkan UU Nomor 24 tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi.

Hal tersebut dicetuskan pada 13 Agustus 2003 dengan Rancangan Undang-Undang tentang Mahkamah Konstitusi disahkan dalam sidang Paripurna MPR yang ditandatangani oleh Presiden saat itu, Megawati Soekarnoputri.

MK merupakan sebuah lembaga pengawal demokrasi dan konstitusi yang saat kehadirannya dalam sistem ketatanegaraan di Indonesia, dimaknai sebagai semangat untuk menguatkan Indonesia sebagai negara hukum modern.

Dalam prinsip supremasi hukum, konstitusi merupakan pegangan dan pedoman sekaligus orientasi dari seluruh kegiatan berbangsa dan bernegara. Dalam praktik penyelenggaraan, negara harus tunduk dan patuh kepada konstitusi. Keberadaan Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai representasi dari demokrasi.

Kegiatan HUT Mahkamah Konstitusi ke-21

Dikutip Holopis.com dari laman MK, Selasa (13/8), rangkaian kegiatan HUT MK ke-21 dimulai dengan Jalan Sehat pada Jumat (9/8) pagi. Jalan Sehat yang diikuti para hakim konstitusi dan seluruh pegawai MK ini menjadi bagian dari kegiatan peningkatan motivasi kerja pegawai melalui implementasi budaya kerja core value ASN berAkhlak.

Ketua MK Suhartoyo melepas jajaran MK melaksanakan Jalan Sehat yang dimulai dari halaman Gedung 2 MK sekitar pukul 07.10 WIB, lalu bergerak menuju utara. Kemudian masuk Monumen Nasional (Monas) melalui pintu barat daya (seberang Istana Negara) dan kembali lagi ke kantor MK.

Jalan Sehat digelar tepat sebelum MK menyelenggarakan sidang Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pascaputusan MK pada Juni lalu.

MK akan mulai menyidangkan delapan perkara PHPU dari Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasdem, serta perseorangan Hendra Abdul dari Provinsi Gorontalo.

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah beberapa pertandingan dari cabang olahraga, yakni tenis meja, domino batu, e-sport Mobile Legend. Sementara kegiatan yang berkaitan dengan kesenian berupa fotografi, sambung lagu, estafet tepung, bola corong dan lainnya.

Sedangkan berkaitan dengan sosialisasi berupa donor darah, seminar kesehatan mental, jalan sehat dan lainnya. Seluruh rangkaian kegiatan diselenggarakan bertepatan dengan ulang tahun MK ke-21 yakni pada Selasa, 13 Agutus 2024.

Selain kegiatan di atas, MK juga menyelenggarakan upacara bendera, tasyakuran, pemberian santunan bagi keluarga MK. Selain itu, ditetapkan pegawai teladan baik dari Kepaniteraan maupun Kesekjenan. Di hari spesial tersebut diharapkan turut hadir mantan hakim konstitusi, mantan sekjen MK dan mantan panitera MK.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru