Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Menhub Uji Coba Trem Otonom di IKN

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Kemhub) RI, Budi Karya Sumadi melakukan uji coba pengoperasian trem otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Minggu (11/8) kemarin.

Uji coba ini dilakukan dalam rangka persiapan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang akan berlangsung pada 17 Agustus 2024 di ibu kota anyar Nusantara tersebut.

Turut hadir pada kegiatan uji coba Direktur Jenderal Perekeretaapian, Risal Wasal dan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Risyapudin.

“Saya bersama tim dari CRRC Cina, melakukan uji coba ART dan dioperasikan dengan menggunakan marka. Kami sedang uji coba terus, agar pada tanggal 17 Agustus 2024 sudah dioperasikan dan dapat melayani dengan baik,” ujar Menhub Budi, seperti dikutip Holopis.com di Jakarta, Senin (12/8).

Menhub Budi menambahkan, saat ini sudah terdapat satu rangkaian trem otononom di IKN. Pada tahap awal, kata dia, trem otonom akan berfungsi sebagai kendaraan mengumpan (feeder) bagi peserta upacara Hari Kemerdekaan RI.

“Kemarin sudah ada gladi kotor. Saya lihat ART, menurut hemat saya tidak ada hal-hal khusus yang harus ditambahkan. jadi tinggal kita ujicoba, memastikan listrik lalu mengoperasikan dengan kecepatan jelajah 40 km/jam di Jalan Sumbu Kebangsaan Barat dan Jalan Sumbu Kebangsaan Timur,” terangnya.

Pengoperasian trem otonom lanjut Menhub Budi menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet. Hal tersebut diharapkan mampu mengurangi emisi gas rumah kaca dan pemakaian energi, sehingga sejalan dengan konsep dan prinsip IKN sebagai kawasan kota cerdas, hijau, serta berkelanjutan.

“ART akan ada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), dia menjadi feeder yang keliling jalan Sumbu Barat dan Sumbu Timur. Selain itu, bersama berbagai pihak yang berkerja sama, kami juga siapkan kendaraan umum listrik. Secara bertahap kami akan pastikan semua transportasi yang beroperasi di IKN ramah lingkungan,” tutupnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jalan Tol Jogja-Solo Tahap I Segmen Kartasura-Klaten Lolos Uji Laik Fungsi dan Operasi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), selaku...

BNPB : Ratusan Warga Terdampak Gempa Bandung Raya

BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) mengungkapkan data terbaru pasca bencana gempa berkekuatan 5,0 M yang melanda kawasan Bandung Raya, Provinsi Jawa Barat.

Waskita Karya Garap 24 Bendungan, Progres 2 proyek Sudah Tembus 90 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA -  PT Waskita Karya (Persero) Tbk telah...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru