Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Empat Kecamatan di Aceh Singkil Terendam Banjir

HOLOPIS.COM, ACEH – Bencana banjir melanda pemukiman warga yang ada di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh sejak Minggu (11/8).

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, setidaknya ada lebih dari dua ribu jiwa yang terdampak akibat banjir.

“Sebanyak 2.299 jiwa terdampak banjir di Kabupaten Aceh Singkil. Banjir yang terjadi diakibatkan oleh intensitas hujan yang tinggi dengan durasi lama beberapa hari terakhir,” kata Abdul Muhari dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (12/8).

Abdul mengungkapkan bahwa banjir merendam sedikitnya sembilan desa di empat kecamatan.

Adapun rinciannya meliputi, Desa Silatong, Desa Lae Riman, Desa Ujung Limus, Desa Tanjung Mas, Desa Cibubukan, Desa Serasah di Kecamatan Simpang Kanan, Desa Singkam dan Desa Rimo di Kecamatan Gunung Meriah, Desa Situban Makmur di Kecamatan Danau Paris, dan Desa Samardua di Kecamatan Kta Baharu.

Sementara itu, kerugian materil yang diakibatkan dari banjir ini juga tercatat sedikitnya 419 rumah terendam dan satu ruas jalan SIngkil – Subulussalam di Desa Silatong terdampak.

Kondisi banjir pun diketahui masih menggenang dengan ketinggian muka air yang bervariasi mulai dari 30 sentimeter hingga paling tinggi 120 sentimeter.

“Namun, untuk di wilayah Desa Silatong, banjir berangsur surut dan jalan raya pun sudah bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat,” imbuhnya.

Guna merespons kejadian bencana banjir yang terjadi, BPBD Kabupaten Aceh Singkil menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi banjir untuk melakukan evakuasi dengan menggunakan perahu karet. Selain itu, BPBD juga terus melakukan pemantauan dan kaji cepat situasi di lapangan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...

Menhub Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Transportasi Inklusif Terintegrasi DTKJ Awards 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru